Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Di Instagram, Sri Mulyani Cerita Pernah Gelar Seminar dengan Jokowi saat Krisis Ekonomi 1998

Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita pernah melakukan seminar bareng Presiden Joko Widodo pada 1998 atau 22 tahun lalu saat krisis ekonomi.

Di Instagram, Sri Mulyani Cerita Pernah Gelar Seminar dengan Jokowi saat Krisis Ekonomi 1998
Instagram
Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita pernah melakukan seminar bareng Presiden Joko Widodo pada 1998 atau 22 tahun lalu saat krisis ekonomi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita pernah melakukan seminar bareng Presiden Joko Widodo pada 1998 atau 22 tahun lalu saat krisis ekonomi.

Melalui akun Instagramnya @smindrawati, dia menjelaskan, saat itu ekonomi merosot tajam minus 13,7 persen persen mata uang rupiah kolaps dari Rp 2350 menjadi Rp 16.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Throwback 22 Tahun yang Lalu,14 Agustus 1998, 22 tahun lalu kamu ada dimana? Tahun 1998, Indonesia mengalami krisis ekonomi yang dahsyat," ujarnya.

Sri Mulyani menjelaskan, saat itu banyak perusahaan dan bank besar kecil mengalami kebangkrutan.

Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia, dirinya mendapat undangan dalam sebuah seminar di Solo, Jawa Tengah.

Seminar itu bertujuan untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan.

"Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi. Seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut karena penerimaan ekspor dalam dolar AS melonjak lebih dari enam kali lipat," kata Sri Mulyani.

Eks direktur pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, Jokowi menggunakan "windfall profit" secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, sehingga berhasil memanfaatkan situasi krisis untuk mengembangkan usahanya.

Setelahnya atau 22 tahun kemudian, Jokowi adalah Presiden Indonesia dan Sri Mulyani mengaku diminta menjadi Menteri Keuangan.

"Dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, kita berupaya mengatasinya. Program pemulihan ekonomi terus digenjot untuk membantu masyarakat, memulihkan serta membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas