Tribun Bisnis

Virus Corona

September Tidak Ceria, Akankah Resesi 99 Persen di Depan Mata?

Perhitungan kemungkinan Indonesia resesi bisa dihitung dari kuartal ke kuartal hingga ujungnya menutup akhir 2020.

September Tidak Ceria, Akankah Resesi 99 Persen di Depan Mata?
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- September 2020 ini kemungkinan Indonesia tidak lagi ceria karena diprediksi memasuki masa resesi ekonomi akibat pandemi corona atau Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan, Indonesia dipastikan tidak akan mengalami krisis ekonomi meski resesi.

"Bulan depan hampir dapat dipastikan 99,9 persen akan terjadi resesi ekonomi di Indonesia," kata Mahfud MD, Minggu (30/8/2020).

Namun pada hari yang sama, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kunci mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 adalah kompak, bekerja sama, semangat inovasi, dan menjaga optimisme.

Baca: Info Terbaru, Ini Daftar 18 Negara yang Mengalami Resesi

Luhut menjelaskan, ada kemungkinan pertumbuhan ekonomi kuartal III hampir 0 persen, bahkan juga minus hingga berujung jurang resesi karena kuartal sebelumnya minus 5,32 persen.

"Kita juga jangan takut-takuti kalau sampai negatif kuartal III ini. Kita berjuang sekuatnya sehingga nanti kuartal III (pertumbuhan ekonomi) bisa dekat 0 persen atau mungkin minus 0 koma sekian," ujar Luhut.

Sebelum menelaah angka kemungkinan 99 persen tersebut, lantas apa yang dimaksud dengan resesi?

Baca: Resesi Ekonomi RI 1998, Nilai Tukar Rupiah Melemah hingga Utang Luar Negeri Menumpuk

Dilansir oleh Forbes, pada 1974, ekonom Julius Shiskin mendefinisikan resesi ekonomi sebagai penurunan produk domestik bruto (PDB) yang terjadi selama dua kuartal berturut-turut.

Resesi dapat terjadi karena penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas