Tribun Bisnis

Berkreasi dan Berinovasi untuk Indonesia Maju Melalui InFest Virtual

Peran UKM yang sangat strategis pada pertembuhan ekonomi nasional, diharapkan pelaku UKM dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut agar UKM

Editor: Eko Sutriyanto
Berkreasi dan Berinovasi untuk Indonesia Maju Melalui InFest  Virtual
TRIBUN/HO
Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman (kedua kanan) bersama (dari kiri) Direktur Perencanaan Korporat PT PLN Syofvi Felienty Roekman, Plt. Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) M. Wahid Sutopo, Plt. Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani dan Direktur Eksekutif Keuangan dan Penilaian Proyek PII Salusra Satria berbincang saat penandatanganan perjanjian Pinjaman, Perjanjian Jaminan, dan Perjanjian Pelaksanaan Penjaminan Hydropower Program di Jakarta, Kamis (5/9/2019). PII melakukan perjanjian jaminan atas pinjaman PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk pembiayaan Hydropower Program dengan The KfW. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Luky Alfirman mengatakan, pemerintah khususnya DJPPR telah menyusun langkah-langkah extraordinary di masa pandemi untuk penanganan dan pemulihan ekonomi.

Langkah yang dilakukan adalah memberikan fasilitas penjaminan kepada UMKM dan korporasi yang terdampak pandemi serta menggali sumber pembiayaan kreatif.

"Seperti skema blended financing dan KPBU untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur," kata Luky Alfirman dalam keterangan pers, Sabtu.

DJPPR menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat Diaspora melalui Diaspora Bonds, dan menerbitkan Green Sukuk sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam menjaga lingkungan meski di tengah pandemi.

Selain itu, mengingat peran UKM yang sangat strategis pada pertembuhan ekonomi nasional, diharapkan pelaku UKM dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut agar UKM dapat bangkit, bertahan, dan tetap tumbuh untuk menggerakkan roda perekonomian.

Baca: Bantu Pulihkan Ekonomi saat Pandemi, Bank DKI Kucurkan Kredit ke UMKM

Luky Alfirman menekankan bahwa Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan daya saing para pelaku UKM.

"Caranya dengan cara memberikan dukungan fasilitas pembiayaan ekspor bagi pelaku UKM yang memiliki potensi ekspor namun terkendala masalah akses kepada fasilitas perbankan," katanya.

Infest Virtual

Berbeda dengan tahun sebelumnya, InFest Virtual diselenggarakan dengan mengoptimalkan berbagai kanal komunikasi daring Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR( seperti Youtube Live Streaming, Instagram Live dan Podcast/Video Podcast dengan tagar #IniUntukKita.

InFest Virtual yang diselenggarakan dari 16 Agustus hingga 12 September 2020, dengan menyuguhkan serangkaian kegiatan menarik yaitu Creator Competition dan berbagai sesi talkshow dengan pembicara tamu dan internal DJPPR yang mumpuni di bidangnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas