Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelaku Usaha Terdampak Covid-19, Apindo: Paling Parah Sektor Wisata

Sutrisno Iwantono mengatakan semua pelaku usaha tidak ada yang tidak terdampak dari pandemi Covid-19.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
zoom-in Pelaku Usaha Terdampak Covid-19, Apindo: Paling Parah Sektor Wisata
ist
Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono mengatakan semua pelaku usaha tidak ada yang tidak terdampak dari pandemi Covid-19.

"Kalau kita lihat dari sisi pelaku usaha, ini tidak ada yang tidak terdampak. Jadi semuanya mengalami, hanya tingkat keparahannya yang berbeda-beda antara satu sektor dengan sektor lain," ujar Sutrisno, dalam sarasehan dan webinar 'Menggerakkan Roda Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19', Jumat (18/9/2020).

Namun demikian, sektor yang paling parah terdampak menurut Sutrisno adalah sektor pariwisata yang berkaitan paling erat dengan lalu lintas orang.

Baca: Guru Honorer Juga Dapat Tunjangan Gaji Rp 2,4 Juta, 300 Ribu Orang Sudah Terima

Baca: Menko Airlangga: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Minus 1,1 Persen

"Kalau kita lihat secara sektoral sebenarnya yang paling parah terdampak itu yang berkaitan dengan lalu lintas orang. Yang memang banyak sekali terjadi kontak antara orang dengan orang yang itu sudah pasti sektor pariwisata," kata dia.

Sutrisno menjelaskan hotel hingga restoran di sektor pariwisata memang menjadi sektor yang paling signifikan terdampak saat ini. Pada awal pandemi, dia mencatat yang bisa beroperasi hanyalah 5 hingga 10 persen dari keseluruhan.

Keadaan tersebut, kata dia, sempat membaik bagi sektor tersebut saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di awal-awal tak diberlakukan. Akan tetapi sekarang kembali bergejolak.

BERITA REKOMENDASI

"Mungkin kemarin agak membaik gitu. Tetapi sekarang tentu, khususnya di Jakarta, karena PSBB lagi kemudian ada penurunan lagi," jelasnya.

Sektor perdagangan terutama yang berkaitan dengan retail menjadi sektor kedua yang terparah setelah sektor pariwisata. Alasannya tentu karena tak banyak orang keluar selama pandemi, maka perdagangan menjadi lesu.

Menyusul berikutnya sektor angkutan umum dan sektor manufaktur. Sektor-sektor tersebut, kata Sutrisno, termasuk sektor yang dapat dikatetorikan terdampak parah. Namun ada pula sektor yang dapat dikatakan hanya sedikit terdampak.

"Kemudian ada yang memang lebih baik, seperti sektor yang berkaitan dengan telekomunikasi, farmasi, kesehatan, kimia itu relatif lebih bagus dan dampaknya lebih kecil," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas