Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hari Ini KRL Penyesuaian Jam Operasional, Mulai Beroperasi Pukul 04.00 Hingga 20.00 WIB

Penyesuaian ini sejalan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik lainnya di Jakarta yang beroperasi dalam rentang waktu yang sama.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini KRL Penyesuaian Jam Operasional, Mulai Beroperasi Pukul 04.00 Hingga 20.00 WIB
Tribunnews/Irwan Rismawan
Sejumlah penumpang mengantre untuk menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) memperketat penerapan protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang mengenakan masker selama naik KRL dan melarang penumpang menggunakan masker jenis scuba atau buff karena dinilai tak efektif mencegah risiko paparan bakteri. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jam operasional Kereta Rel Listrik (KRL) mulai hari ini, Sabtu (19/9/2020).

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, penyesuaian jadwal operasional KRL ini sehubungan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

"Mulai Sabtu (19/9/2020) KRL akan beroperasi mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, dengan kereta-kereta pemberangkatan pertama memasuki wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 05.00 WIB dan kereta-kereta terakhir meninggalkan wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB," ucap Anne dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Anne juga menyebutkan, penyesuaian ini juga sejalan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik lainnya di wilayah Jakarta yang beroperasi dalam rentang waktu yang sama.

"Tetapi mengingat pola operasional KRL Jabodetabek yang menjangkau tiga provinsi dan melayani 80 stasiun, maka akan ada sejumlah kereta yang berjalan di luar jam operasional tersebut," kata Anne.

PT KCI tetap mengimbau para pengguna yang akan naik KRL khususnya pada malam hari dari stasiun wilayah DKI Jakarta untuk berada di stasiun pada pukul 19.00 WIB agar dapat naik KRL dengan jadwal pemberangkatan terakhir.

Baca: DPR Minta KCI Masifkan Sosialisasi Larangan Masker Scuba dan Buff di KRL

BERITA REKOMENDASI

"Jadwal KRL terbaru, posisi real time KRL, hingga informasi kondisi kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access versi terbaru," ujar Anne.

Selain itu Anne juga menjelaskan, bahwa pembatasan kapasitas penumpang KRL masih tetap dijalankan dengan batas 74 orang per kereta.

"Kami juga mewajibkan seluruh penumpang KRL untuk memakai masker, yang terbukti efektif dalam mencegah droplet atau cairan yang ke luar dari mulut dan hidung," kata Anne.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas