Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Targetkan Ekonomi Kembali Pulih Tahun 2023

Raden Pardede mengatakan, ekonomi ditargetkan bisa kembali normal seperti sebelum ada Covid-19 pada 2023.

Pemerintah Targetkan Ekonomi Kembali Pulih Tahun 2023
TRIBUN/DANY PERMANA
Raden Pardede. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyatakan, telah melakukan kajian dampak pandemi corona atau Covid-19 ke ekonomi melalui tabel dengan kurva huruf W.

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Raden Pardede mengatakan, ekonomi ditargetkan bisa kembali normal seperti sebelum ada Covid-19 pada 2023.

"Harapan kita, kita punya target tahun 2023, rencana jangka menengah kita. Kita harus kembali ya bertumbuh seperti halnya kita seperti sebelum Covid-19," ujarnya saat webinar, Rabu (23/9/2020).

Dalam kerangka hingga 2023 tersebut, konsep terbagi jadi 3 bagian yakni Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Bertumbuh dan Transformasi.

Baca: Jika Indonesia Alami Resesi Ekonomi, Apa Saja Dampak yang Akan Terjadi pada Masyarakat?

"Kenapa kami tambahkan di situ transformasi karena kami sebutkan tadi bahwa perilaku manusia itu berubah semenjak Covid-19 ini. Terjadi percepatan adopsi teknologi, terutama adopsi teknologi digital," kata Raden.

Baca: Politikus Demokrat Sebut RI Masuk Resesi Akibat Jokowi Salah Ambil Kebijakan

Karena itu, pemerintah harus menyiapkan masyarakat, khususnya para pedagang yang dulunya berjualan secara offline menjadi online.

"Selain itu, para pekerja kita semuanya harus disiapkan supaya nanti di jangka menengah kita juga bisa transformasi ekonomi. Struktur ekonomi kita tidak sama lagi seperti halnya sebelum Covid-19, berarti kita harus menyiapkan itu mulai sekarang supaya bisa bertumbuh, bertransformasi, dan berkompetisi di pasar global berdaya saing tinggi," ujarnya.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas