Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Grab Raih Posisi Nomor Satu Soal Kepuasan Pelanggan

Riset ini fokus untuk menganalisa pola konsumsi masyarakat Asia Tenggara, serta memberikan pandangan tentang pergeseran kebiasaan konsumen

Editor: Content Writer
zoom-in Grab Raih Posisi Nomor Satu Soal Kepuasan Pelanggan
Grab Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam riset terbaru yang dilakukan Blackbox Research dan Toluna berjudul ‘Into the Light: Understanding What has Changed for the ASEAN Consumer During COVID-19‘ terungkap jika Grab menjadi merek paling diminati dengan kepuasan tertinggi di Indonesia.

Riset ini fokus untuk menganalisa pola konsumsi masyarakat Asia Tenggara, serta memberikan pandangan tentang pergeseran kebiasaan konsumen selama masa pandemi.

Riset ini dilakukan pada Juni 2020 terhadap 4.780 pelanggan di Asia Tenggara, dimana 799 diantaranya berasal dari Indonesia.

Riset ini menggarisbawahi beberapa hal, termasuk pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan secara digital, transformasi rumah yang kini menjadi pusat aktivitas masyarakat, dan juga konsumen yang terus mencari cara untuk bisa terus mendukung usahawan lokal di tengah situasi yang menantang ini.

Menjadi salah satu e-commerce dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, Grab merupakan merek e-commerce nomor satu dengan tingkat kepuasan tertinggi di Indonesia dan nomor 3 di Asia Tenggara (42 persen). Grab diikuti oleh Shopee dan Tokopedia di posisi kedua dan ketiga.

Riset menyebutkan bahwa ekspektasi pelanggan terhadap layanan e-commerce semakin tinggi dan alasan utama mereka memilih layanan ini adalah karena kenyamanan.

Ulasan serta ongkos kirim juga menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih e-commerce pilihan mereka.

BERITA TERKAIT

Riset juga menunjukkan bahwa 84 persen responden di Indonesia merasa nyaman menggunakan layanan online.

Temuan riset juga menjelaskan peningkatan tren telemedicine, layanan pengantaran makanan serta belanja kebutuhan online.

52 persen, 70 persen dan 61 persen pelanggan mengatakan akan tetap menggunakan layanan telemedicine, layanan pengantaran makanan, serta  belanja kebutuhan online bahkan setelah pandemi berakhir.

Dengan menjadi merek diminati dengan tingkat kepuasan tertinggi di Indonesia, Grab akan terus berinovasi lewat beragam layanan dan inisiatif, sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak masyarakat Indonesia bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas