Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kementerian PUPR: Ruang Terbuka Hijau Bermanfaat untuk Area Isolasi di Masa Pandemi Covid-19

Penataan kota ke depan perlu memperhatikan penyediaan prasarana dan sarana dasar yang handal, seperti ketersediaan air minum dan sanitasi.

Kementerian PUPR: Ruang Terbuka Hijau Bermanfaat untuk Area Isolasi di Masa Pandemi Covid-19
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Warga Kota Semarang berolahraga di ruang terbuka hijau Danau BSB, Minggu (26/7/2020). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menjelaskan, pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu semester memberi pembelajaran penting dalam pembangunan perkotaan ke depan.

Seperti perlunya memperhatikan memenuhi kebutuhan fasilitas medis sebagai standar layanan kesehatan kota dan perlunya pengendalian kepadatan penduduk di perkotaan.

“Ini telihat dari tingkat penyebaran Virus Corona cenderung tinggi di kota-kota dengan densitas penduduk yang tinggi," kata Danis, Rabu (30/9/2020).

Selanjutnya juga perlu memperhatikan penyediaan transportasi publik yang baik dan mampu menjamin aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan, ketersediaan ruang terbuka hijau dan pusat komunitas.

Baca: Anak Pedesaan atau yang Tinggal di Tempat dengan Banyak Ruang Terbuka Hijau Punya IQ Lebih Tinggi

Pada masa pandemi Covid-19, keberadaan ruang terbuka hijau dan pusat-pusat komunitas dapat difungsikan untuk berbagai keperluan seperti ruang isolasi dan sosialisasi.

Penataan kota ke depan perlu memperhatikan penyediaan prasarana dan sarana dasar yang handal, seperti ketersediaan air minum dan sanitasi.

Baca: Remasterplan Kawasan Industri EJIP Sertakan 94 Hektar Ruang Terbuka Hijau

Perlunya pendekatan menuju kota yang cerdas, berdaya saing, dan berbasis teknologi.

“Penggunaan infrastruktur Informasi Teknologi (IT) dapat menjadi sebuah terobosan cara kerja yang efektif di masa Pandemi atau masa mendatang. Terakhir perlunya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan,” ucapnya.

Contoh desain pembangunan permukiman dan perumahan.
Contoh desain pembangunan permukiman dan perumahan dengan ruang terbuka hijau.

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan pihaknya memberikan dukungan kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, praktisi/akademisi, dan aktor pembangunan permukiman

“Diperlukan kesamaan persepsi dari para pemangku kepentingan terkait isu, tantangan, dan strategi pembangunan ke depan, serta pengelolaan terhadap data dan informasi maupun contoh praktik antar pelaku pembangunan," kata Anita dalam rangka Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) 2020.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas