Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

3 Langkah Mudah Aktifikan Instagram Shopping di Akun Anda

Sayangnya masih banyak pelaku usaha atau brand yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

zoom-in 3 Langkah Mudah Aktifikan Instagram Shopping di Akun Anda
PAKAR Jasa
Mengaktifkan fitur Instagram Shopping. 

TRIBUNNEWS.COM - Berselancar di media sosial seperti Instagram memang begitu mengasyikan. Saking serunya, Statista mencatat, platform tersebut sukses masuk di dalam 10 besar media sosial terpopuler sepanjang 2020.

Wajar saja kalau Instagram sangat diminati oleh banyak orang. Karena Instagram masa kini bukan hanya sebatas platform untuk mencari teman baru atau mem-posting momen kece bersama kerabat. Kamu bisa memanfaatkan Instagram untuk mencari berbagai informasi terbaru hingga melakukan proses jual beli secara daring, salah satunya melalui fitur Instagram Shopping.

Instagram Shopping merupakan fitur yang begitu populer dikalangan pelaku usaha atau brand dalam memasarkan produknya. Karena brand hanya perlu mem-posting barang yang dijual dan konsumen akan dengan mudah mengetahui harganya.




Sayangnya masih banyak pelaku usaha atau brand yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

Nah, berikut adalah cara mengaktifkan fitur Instagram Shopping;

1. Memenuhi Persyaratan Untuk Mengaktifkan Instagram Shopping

Langkah pertama adalah pastikan barang yang akan Anda jual berbentuk fisik. Karena pihak Instagram belum mengizinkan produk jasa untuk menggunakan fitur tersebut.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, para pelaku usaha atau brand harus membaca secara detail tentang peraturan berjualan di Facebook dan Instagram. Karena para pengguna wajib mematuhi berbagai kebijakan saat berdagang di platform tersebut.

Terakhir, ubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuka profil, pilih gambar bergaris tiga, lalu pengaturan, dan pilih “Beralih ke Akun Bisnis”.

2. Hubungkan Website E-Commerce Anda ke Facebook Catalog

Salah satu syarat untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping adalah Anda sudah harus memiliki website e-commerce dan produk anda sudah terhubung dengan Facebook Catalog.

Menurut salah satu digital marketing agency, PAKAR Jasa, untuk platform e-commerce di Indonesia seperti: SIRCLO dan WooCommerce, kebanyakan sudah langsung support out of the box atau melalui plugin.

Tetapi apabila memakai sistem custom, Anda harus membuat suatu API dengan format yang telah ditentukan oleh Facebook Catalog.

3. Ajukan pengaktifan fitur Instagram Shopping di Akun Anda

Ketika artikel ini dibuat, fitur Instagram Shopping baru bisa dibuka kepada Facebook Managed Partner di Indonesia.

Nah, ada dua cara lagi untuk menjadi Facebook Managed Partner di Facebook;

Setelah menjadi Facebook Managed Partner, pemilik akun bisa mengajukan aktivitas Instagram Shopping kepada Facebook Respresentative yang memang akun. Jika sudah, maka pengajuan tersebut akan diproses selama 5 hari kerja.

Menurut PAKAR Jasa, apabila sudah menjadi Facebook Managed Partner biasanya pengajuan Instagram Shopping tidak terlalu sulit dan hampir semuanya disetujui oleh Tim Facebook dan Instagram. PAKAR Jasa juga menambahkan, pengguna Instagram tidak perlu khawatir, karena setiap klien yang dibantu oleh PAKAR Jasa tidak pernah ditolak pihak Facebook dan Instagram.

Jika sudah mendapatkan persetujuan dari Facebook dan Instagram, maka Anda bisa mulai mem-posting serta melakukan tag produk yang akan dijual di Instagram.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas