Tribun Bisnis

Pupuk Organik dari Batubara Punya Kandungan Unsur Hara Nyaris Sempurna

Pupuk organik batubara disebut sebagai pupuk terbaik untuk segala jenis tanaman.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Pupuk Organik dari Batubara Punya Kandungan Unsur Hara Nyaris Sempurna
IST
Panen padi FKDB on Farm yang dimotori Ayep Zaki. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiholan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pupuk organik batubara disebut sebagai pupuk terbaik untuk segala jenis tanaman. Karena, berbagai unsur hara yang dimiliki oleh batubara baik itu unsur makro maupun mikro.

Koordinator Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), Ayep Zaki, menjelaskan pupuk berbahan baku batubara punya kandungan unsur hara yang nyaris sempurna.

"Mulai unsur nitrogen, kalium, posfat, hidrogen, phospor, zeng, calsium, besi dan lain lain yang tak kurang dari 70 unsur makro dan mikro, maka dapat di yakinkan bahwa pupuk organik berbahan dasar batubara adalah pupuk organik terbaik,"katanya dalam keterangan pers tertulis, Selasa (13/10/2020).

Pupuk organik batubara di produksi di Pabrik Futura milik FKDB, di Sentra Industri Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Pupuk Batubara Futura ini merupakan salah satu produk hasil temuan dari anak bangsa, yaitu RUH Saputra. Sehingga layak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Republik Indonesia untuk dijadikan sebagai aset kebanggaan bangsa," papar dia.

Baca juga: Cocok untuk Pemula, 6 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup Tak Perlu Disiram Tiap Hari dan Tanpa Pupuk

Zaki menyebut pupuk batubara ini sudah mendapatkan hak paten dari United States Paten and Trademark Office (USPTO) untuk teknologi produksi pupuk berbahan dasar batubara pada 16 Juni 2020 lalu.

Baca juga: Pupuk Subsidi Langka, Ini Penjelasan Kementan

Mesin ini sudah mendapatkan hak paten mulai dari hak paten penemu, pemilik paten dan pemegang kuasa atas penggunaan paten itu.

Mesin ciptaan anak negeri ini dari dua aspek, yang pertama menguatkan produksi di dalam negeri supaya tidak kecenderungan import, kemudian mesin dan aktifatornya bisa diekspor termasuk hasilnya.

Menurut Zaki, didapatkan hasil yang sangat menggembirakan dengan peningkatan hasil pertanian rata-rata di atas 45%.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas