Tribun Bisnis

Sri Mulyani Bicara Calo Anggaran di Kemenkeu di Masa Lalu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan mulai ada sejak tahun anggaran 2003 ke 2004.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
Sri Mulyani Bicara Calo Anggaran di Kemenkeu di Masa Lalu
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Menteri Keuangan - Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan mulai ada sejak tahun anggaran 2003 ke 2004.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang baru dibangun waktu itu memulai dengan reputasi tidak baik.

"Kalau saya lihat di kantor-kantor perbendaraan waktu itu banyak sekali orang antre membawa map. Kemudian, munculah calo-calo untuk bisa mencairkan anggaran," ujarnya dalam video conference, Senin (26/10/2020).

Menurut dia, hal itu terjadi 16 sampai 17 tahun yang lalu saat fungsi dari perbendaharaan negara di Indonesia telah dilaksanakan dan didelegasikan kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Baca juga: Tak Perlu Pakai Calo, Begini Cara dan Syarat Membuat Kartu Keluarga Baru

"Saya ingat betul karena saya jadi menteri keuangan mulai 2005. Waktu itu masa awal Kementerian Keuangan laksanakan Undang-undang Keuangan Negara dan Perbendaharaan," kata Sri Mulyani.

Selanjutnya, dia menambahkan, reformasi di Direktorat Jenderal Perbendaharaan terus dilakukan hingga semakin baik saat ini.

"Kita melihat bahwa revolusi atau perubahan di dalam Direktorat Jenderal Perbendaharaan merupakan suatu langkah yang luar biasa," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas