Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dorongan Belanja Pemerintah Bikin Konsumsi Membaik di Kuartal III 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, belanja pemerintah mengalami pertumbuhan positif sebesar 9,8 persen secara tahunan

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Dorongan Belanja Pemerintah Bikin Konsumsi Membaik di Kuartal III 2020
Dokumen Biro KLI Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, percepatan realisasi belanja negara pada kuartal III 2020 telah membantu peningkatan atau pembalikan dari pertumbuhan konsumsi pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, belanja pemerintah mengalami pertumbuhan positif sebesar 9,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).




"Angka pertumbuhan 9,8 persen dari konsumsi pemerintah meningkat sangat tajam apabila dibandingkan kuartal II yang negatif minus 6,9 persen," ujarnya dalam "Pernyataan Pers Menteri Keuangan Terkait Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III" secara virtual, kemarin.

Sementara dari sisi pengeluaran atau permintaan konsumsi rumah tangga juga menunjukkan tren perbaikan di minus 4 persen pada kuartal III.

"Sebelumnya pada kuartal II negatif 5,5 persen dan pada kuartal III telah menunjukkan perbaikan di angka minus 4 persen," kata Sri Mulyani.

Menurut dia, peningkatan konsumsi didukung oleh belanja pemerintah dalam rangka perlindungan sosial yang meningkat sangat tajam.

BERITA TERKAIT

Apalagi, konsumsi dari rumah tangga kelas menengah atas juga masih terbatas akibat dampak pandemi corona atau Covid-19 yang masih berlangsung.

"Ini dikarenakan kondisi Covid-19 memang belum berakhir dan karakter dari konsumsi rumah tangga menengah atas didominasi oleh barang dan jasa yang sensitif terhadap mobilitas yang terbatas," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas