Tribun Bisnis

Jurus Jitu Bisnis

Sukses Bisnis Puluhan Tahun, Jujur Kata Kuncinya

Memiliki bisnis yang terus tumbuh dan mampu bertahan hingga puluhan tahun pasti menjadi mimpi bagi banyak para pelaku usaha.

BizzInsight
zoom-in Sukses Bisnis Puluhan Tahun, Jujur Kata Kuncinya
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Memiliki bisnis yang terus tumbuh dan mampu bertahan hingga puluhan tahun pasti menjadi mimpi bagi banyak para pelaku usaha.

Mimpi tersebut bisa saja diwujudkan asalkan setiap pelaku usaha berpegang teguh pada prinsip kejujuran saat berbisnis. dengan berperilaku jujur, para pengusaha akan mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat ataupun konsumen.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat saat perayaan HUT ke-69 PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (11/11/2020) lalu.

“Sido Muncul bisa seperti hari ini yang dilakukan sebenarnya gampang dan sederhana, yaitu kejujuran. Perusahaan ini dibangun di atas kejujuran, hasilnya luar biasa. Maka dari itu saya dan karyawan mengedepankan kejujuran supaya kami mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” jelas Irwan Hidayat.

Selain memegang prinsip kejujuran, Irwan Hidayat bercerita kesabaran juga diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Bagi para pengusaha muda yang saat ini banyak mendirikan perusahaan, perlu membangun networking yang luas, tetap kreatif, pakai akal budi, dan logika agar usahanya dapat bertahan hingga puluhan tahun.

“Cepat berhasil itu tidak mungkin. Kita tau logikanya, apa yang tumbuh cepat itu tidak bertahan lama. Saya yakin kalau anak-anak muda itu seperti yang saya katakan pasti bisa (sukses),” pesan Irwan Hidayat.

Rayakan HUT-69 Sido Muncul dengan Berdonasi

Dalam perayaan HUT ke-69 PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat tidak hanya berbagai kisah suksesnya.

sidomuncul-121120-1
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Perusahaan yang terkenal dengan produk Tolak Angin dan Tolak Linu ini juga menyalurkan donasi dengan total Rp 750 juta ke Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT), Wisma Kasih Bunda Anne Avantie, dan Lions Eye Bank Jakarta.

“Ketika saya mendapatkan kabar bahwa yayasan saya akan mendapatkan donasi dari Sido Muncul, jujur saya terharu dan sempat sekejap meneteskan air mata,” jelas pendiri Yayasan Wisma Kasih Bunda, Anne Avantie.

Menurut Anne, donasi tersebut bukan baru pertama kali diberikan oleh Sido Muncul. Sudah sejak Yayasan Anne Avantie berdiri sejak 20 tahun lalu, Sido Muncul begitu sering memberikan bantuan kepada anak-anak asuhan mereka.

“Berbagi di saat pandemi yang dilakukan oleh Sido Muncul, bukanlah manufer bisnis semata tapi berdasarkan kepedulian untuk terus melakukan perbuatan baik. Saya belajar banyak, Irwan Hidayat menjadi guru, ayah, dan teladan bagi saya,” katanya.

sidomuncul-121120-2
Webinar HUT ke-69 Sido Muncul.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Harian & Penyaluran Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT), Djumhari Latief mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Sido Muncul akan disalurkan kepada sektor pendidikan.

“Terima kasih Sido Muncul atas donasi yang saat ini diberikan. Nantinya donasi akan kami salurkan untuk membantu sektor pendidikan. Karena banyak orang tua yang penghasilan mereka terdampak akibat pandemi dan mengalami gangguan untuk membayar biaya pendidikan dan donasi dari Sido Muncul kami gunakan untuk pendidikan,” jelasnya.

Ketua Pengawas Lions Eye Bank Jakarta, dr. Johan A Hutauruk mengungkapkan pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Sido Muncul. Karena donasi tersebut nantinya akan dimasukkan ke tabungan abadi Eye Bank Association of America (EBAA). Nantinya bunga tabungan itu akan dipakai untuk membantu operasi kornea bagi orang yang tidak mampu.

Menurut Johan, langkah kegiatan yang dilakukan oleh Sido Muncul dapat memicu setiap orang untuk menjadi donatur.

“Saat ini yang membutuhkan bantuan dari donatur meningkat, berkaitan dengan banyaknya orang Indonesia yang mengalami infeksi mata biasanya karena kornea,” jelas Johan.

Irwan Hidayat menambahkan, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu memicu setiap orang untuk saling membantu atau bergotong royong.

“Saya mengadakan acara ini supaya masyarakat tau kegiatan yayasan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan atau menderita penyakit tertentu. Agar kelak perorangan bisa tergerak untuk saling membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Irwan Hidayat.

Perusahaan yang terkenal dengan produk Vitamin C 1000 dan Kuku Bima ini berharap, di usia ke 69 tahun, pihaknya tetap memberikan kontribusi serta bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia.

“Harapan saya di usia (Sido Muncul) ke-69 tahun. Komitmen kami sebagai perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat tetap eksis terus. Kami juga berdoa supaya pandemi ini segera berlalu dan masyarakat tidak mengalami kesulitan akibat pandemi dan bisa hidup normal kembali,” tutup Irwan Hidayat.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas