Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Teknologi Telehealth Dinilai Efektif Monitor Pasien dari Jarak Jauh

Dengan teknologi inovatif ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik

Teknologi Telehealth Dinilai Efektif Monitor Pasien dari Jarak Jauh
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Telkomtelstra mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan untuk mengimplementasikan teknologi inovatif telehealth.

Dengan teknologi inovatif ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik non-Covid.

Walhasil mengurangi risiko terpapar Covid-19 ketika berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.

Secara spesifik solusi teknologi itu yakni Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement yang dapat membantu pasien yang terinfeksi terpapar virus Covid-19 bisa dimonitor secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan.

Baca juga: 9 Warga dalam 1 Desa Positif Covid-19, gara-gara 1 Orang Nekat Sering Terima Tamu Luar Kota

“Kami sangat senang dapat mendukung RSUD Tarakan dalam memberikan solusi telehealth yang bertujuan untuk mencegah kunjungan fisik pasien yang tidak kritis ke rumah sakit,” kata Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra dalam keterangan, Rabu (18/11/2020).

Solusi Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau dirujuk oleh Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut.

“Setelah itu, agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi kami yang lain, yakni Digital Customer Engagement, yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter di rumah sakit,” jelas Agus.

Baca juga: Soal Vaksinasi Covid-19, Jokowi: Keselamatan Masyarakat Adalah Prioritas Tertinggi

Agus menambahkan bahwa Telkomtelstra membuka pintu lebar untuk berkolaborasi dengan rumah sakit lainnya dengan kedua solusi ini yang dapat dimulai dengan skema POC (proof of concept)/committed trial.

Direktur RSUD Tarakan Drg. Dian Ekowati, MARS mengatakan, peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan akut di rumah sakit maupun di unit perawatan intensif (ICU) dan pasien konfirmasi positif tanpa gejala.

Penerapan layanan telehealth dapat menjadi pilihan yang lebih aman bagi pasien dengan mengurangi potensi terpapar virus.

Pada saat yang sama, teknologi ini juga dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di fasilitas rumah sakit, sekaligus mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh tenaga kesehatan.

Baca juga: Momen Libur Panjang Dinilai Jadi Satu Faktor Ledakan Kasus Covid-19 di Solo

“Bekerja sama dengan Telkomtelstra, kami memastikan komunitas di RSUD Tarakan terus memiliki akses ke layanan kesehatan sembari mempraktikkan social distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Dian.

“Dengan solusi telehealth, rumah sakit dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pasien dan mendiskusikan masalah secara real time dari jarak jauh, seperti pada kunjungan rumah sakit biasa, tetapi dari kenyamanan rumah pasien,” sambung dia.

Telkomtelstra bekerja sama dengan ipSCAPE, Perusahaan Cloud Contact Center terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas