Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mendag Agus Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menekankan pemanfaatan platform digital akan dapat meningkatkan kinerja perdagangan di Indonesia.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Mendag Agus Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital
ist
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menekankan pemanfaatan platform digital akan dapat meningkatkan kinerja perdagangan di Indonesia.

Menurutnya, perdagangan sebagai kunci penggerak ekonomi harus tetap jalan dengan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Bangkitnya UMKM Saat Pandemi Jadi Fokus Pemerintah, Ini Alasannya

"Saya juga turut bangga kepada pelaku UMKM, waralaba maupun lisensi yang selalu bersemangat, kreatif serta gigih memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan usaha yang ada," kata Agus saat Opening Ceremony Indonesia Digital Trade Show 2020 di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

"Melalui inovasi pameran ini saya yakin ekonomi Indonesia akan mampu kembali bangkit," tuturnya.

Agus menambahkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahwa penjualan produk di e-commerce pada 2020 senilai Rp 446,75 triliun.

Angka ini meningkat 400 persen dibanding tahun lalu yang baru mencapai Rp 123,9 triliun.

BERITA TERKAIT

Lonjakan ini terjadi karena pengguna internet di Indonesia saat ini sebanyak 168,3 juta jiwa yang merupakan 63 persen dari total penduduk Indonesia.

"Ini menjadi indikator ke depan teknologi informasi akan lebih dominan dalam kegiatan sosial ekonomi masyarakat khususnya dalam transaksi perdagangan guna memenuhi kebutuhan hidup mereka," tutur Agus.

Kemendag akan terus memfasilitasi pelaku usaha UMKM untuk dapat memanfaatkan tren teknologi informasi yang sejalan dengan pola dan cara konsumsi masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas