Tribun Bisnis

Jurus Jitu Bisnis

Reputasi Baik, Kunci Sukses dalam Perjalanan Karier

Pengalaman kerja dan track record juga menjadi hal yang sangat dipertimbangkan sebelum seseorang bisa menempati suatu posisi di sebuah perusahaan.

BizzInsight
zoom-in Reputasi Baik, Kunci Sukses dalam Perjalanan Karier
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Ungkapan bahwa “pengalaman adalah guru terbaik” sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Bahkan, dalam perjalanan karier seseorang, pengalaman kerja dan track record juga menjadi hal yang sangat dipertimbangkan sebelum seseorang bisa menempati suatu posisi di sebuah perusahaan.

Dengan pengalaman kerja dan reputasi yang dimiliki, seseorang dianggap dan diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap serta kemampuan yang kompeten dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Contoh secara langsung, kita bisa melihat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2016-2019 Ignasius Jonan. Dengan melihat track record dan pengalaman kerja yang mumpuni, Jonan pun dipercaya untuk mengemban tanggung jawab sebagai Komisaris Independen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO). 

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat mengungkapkan bahwa masuknya Jonan dalam jajaran Komisaris Independen Sido Muncul karena pengalaman kerjanya di perusahaan internasional.

"Jonan punya reputasi dalam banyak hal, contohnya yang paling spektakuler di KAI," kata Irwan Hidayat.

Dengan capaian spektakuler dan pengalaman saat menjabat Direktur Utama PT KAI, Irwan Hidayat pun berharap Ignasius Jonan juga mampu memberi masukan serta terobosan besar kepada perusahaan Sido Muncul. Ditambah lagi, reputasi Mantan Menteri Perhubungan itu pun dibuktikan dengan sederet penghargaan yang pernah diterimanya sebelumnya.

Selain itu, Irwan Hidayat pun mengaku bahwa dirinya merasa cocok untuk bekerja sama dengan mantan Menteri ESDM itu.

o
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat bersama Ignasius Jonan yang kini menjadi Komisaris Independen Sido Muncul. (dok. Sido Muncul)

"Dia (Jonan) itu kan membuat terobosan-terobosan, saya berharap nanti juga di Sido Muncul meskipun sebagai Komisaris. Kira-kira itu alasannya memilih Jonan," sambung Irwan.

Selain pengangkatan Ignasius Jonan sebagai Komisaris Independen, pada Rapat Umum Pemegang Luar Biasa (RUPS-LB) Sido Muncul yang digelar di gedung Financial Graha Hall Niaga, Jakarta, Rabu (25/11/2020) tersebut pun Young-Taeg Park, pimpinan Affinity Equity Partners turut didapuk menjadi Komisaris Independen Sido Muncul.

"Jadi ini acaranya tadi membahas komisaris yang lama berhenti, mengundurkan diri karena urusan keluarga, Ronnie Behar. Dia mundur dan digantikan founder Affinity Equity Partners, Young Taeg Park dan kita tambahkan satu (Komisaris Independen) Ignasius Jonan, mantan Menteri ESDM," kata Irwan Hidayat.

Dengan penunjukan Young Taeg Park sebagai Komisaris Independen, Irwan pun berharap kedepannya dapat membuka jaringan internasional yang lebih luas lagi untuk kemajuan Sido Muncul.

"Kalau Young Taeg Park, dia base (perusahaannya) di Hongkong, Korea, jadi Affinity Equity Partners ini memberikan kepada kita banyak sekali masukkan karena network internasionalnya," ungkap Irwan Hidayat.

Kedua Komisaris Independen Sido Muncul tersebut, yaitu Young Taeg Park dan Ignasius Jonan pun mulai aktif menempati posisi tersebut sejak ditutupnya RUPS-LB Sido Muncul pada hari ini (25/11) dan akan menjabat sebagai Komisaris Independen Sido Muncul sampai tahun 2022 mendatang.

Berikut Susunan Dewan Komisaris Sido Muncul yang baru:

- Komisaris Utama: Jonatha Sofjan Hidayat

- Komisaris: Johan Hidayat

- Komisaris: Sigit Hartojo Hadi Santoso; 

- Komisaris Independen: Young Taeg Park

- Komisaris Independen: Ignasius Jonan

- Komisaris Independen: Erick Mamandus

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas