Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

SPKLU Tersedia, PLN Langsung Uji Coba Mobil Listrik Jakarta-Bali

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengadakan uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan dari Jakarta sampai ke Pulau Dewata, Bali

SPKLU Tersedia, PLN Langsung Uji Coba Mobil Listrik Jakarta-Bali
Istimewa
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengadakan uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan dari Jakarta sampai ke Pulau Dewata, Bali.

Hal ini setelah infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah tersedia di beberapa titik termasuk di Tol Trans Jawa.

"Saya ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik ini menuju Bali karena PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti SPKLU," kata Komisaris PLN Dudy Purwagandi di titik awal keberangkatan kantor PLN Pusat, Jumat (25/12/2020).

"Dari literatur dan informasi yang ada penggunaan kendaraan listrik di dalam kota sangat efisien, sehingga saya ingin mencoba rute jarak jauh," tambahnya.

Baca juga: ESDM Akan Bangun 2.400 SPKLU untuk Ekosistem Kendaraan Listrik

PLN juga terus berkomitmen untuk mendorong ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Saya ingin memberikan input terkait titik-titik lokasi SPKLU ke depannya sehingga memberikan kemudahaan bagi pengguna kendaraan listrik. Dari sisi biaya kendaraan listrik menawarkan biaya yang lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak saat ini," urai Dudy.

Dia juga menyampaikan harapannya melalui percobaan ini agar ke depannya dapat berbagi pengalaman dengan rekan lain yang masih memiliki kekhawatiran dan pertanyaan terkait kendaraan listrik.

Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2020). Gerai SPKLU ini merupakan bentuk komitmen PT Pertamina (Persero) untuk mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dan mendukung penggunaan energi bersih serta energi terbarukan di Indonesia. SPKLU tersebut merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW yang mendukung pengisian daya dari berbagai tipe gun mobil listrik di Indonesia. Tribunnews/Jeprima
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2020). Gerai SPKLU ini merupakan bentuk komitmen PT Pertamina (Persero) untuk mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dan mendukung penggunaan energi bersih serta energi terbarukan di Indonesia. SPKLU tersebut merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW yang mendukung pengisian daya dari berbagai tipe gun mobil listrik di Indonesia. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Hal lainnya adalah memberikan masukan bagi perusahaan apabila ada yang perlu diperbaiki.

Sebelumnya PLN telah meresmikan penambahan empat SPKLU di Tol Trans Jawa antara lain SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

Direncanakan hingga tahun 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU.

PLN akan terus mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas