Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menperin Agus Gumiwang Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,5 Persen Pada 2021

Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan menyentuh 5,5 persen.

Menperin Agus Gumiwang Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,5 Persen Pada 2021
HANDOUT
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan menyentuh 5,5 persen.

Optimisme tersebut tidak lepas dari seluruh rangkaian strategi dan kebijakan yang sudah dipersiapkan pemerintah dalam rangka mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Dengan berbagai kombinasi kebijakan dan peluang yang kita manfaatkan secara optimal, maka diharapkan ekonomi Indonesia dapat tumbuh di sekitaran atau kisaran 4,5 hingga 5,5 persen di tahun 2021," katanya melalui keterangan tertulis dikutip Senin (4/1/2021).

Baca juga: Menperin Ungkap Vaksinasi Jadi Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2021

Baca juga: Kemenperin Optimalkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Zona Integritas

Dia menambahkan, Indonesia memiliki modal yang cukup kuat untuk memacu pemulihan ekonomi di tahun 2021. Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomi globa yang menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan di tengah ancaman gelombang kedua Covid-19.

Pemulihan ekonomi sudah dapat dilihat dari aktivitas manufaktur di negara-negara maju dan berkembang, yang menunjukkan pada fase ekspansif. Geliat manufaktur juga terjadi di Indonesia yang terdorong dari peningkatan diferensiasi industri.

"Hal ini mengindikasikan adanya optimisme pelaku sektor bisnis terhadap kondisi perekonomian ke depan," ujar dia.

Selain itu Menperin menyebutkan, ada beberapa strategi yang dilakukan pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tahun ini, antara lain melakukan pengadaan dan pemberiaan vaksin kepada masyarakat.

Implementasi Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Kemudian, penerapan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sudah digencarkan pada 2020.

Sebagai langkah mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah juga akan melanjutkan dukungan kebijakan untuk pemberdayaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Tak hanya itu, pemerintah akan melakukan penyusunan Daftar Prioritas Investasi (DPI) serta pembentukan Lembaga Pengelola Investasi atau LPI," ujar dia.

Sedangkan untuk pengungkit pertumbuhan ekonomi lainnya, adalah program ketahanan pangan, pengembangan kawasan industri, mandatori B30, dan program padat Karya.

"Tentu yang tidak kalah penting adalah program pengembangan ekonomi digital," kata menteri dari Partai Golkar ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menperin Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2021, Ini Alasannya"

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas