Tribun Bisnis

Bangkit di Masa Pandemi, UMKM Dituntut Adaptif Merespons Kondisi

Ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Program Damping bertema “Inovasi Bisnis Dikala Krisis” secara daring.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Bangkit di Masa Pandemi, UMKM Dituntut Adaptif Merespons Kondisi
Tangkapan layar
Pelatihan UMKM di Masa Pandemi bertema “Inovasi Bisnis Dikala Krisis” yang disiarkan secara langsung melalui daring. 

TRIBUNNEWS.COM - Ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Graduation Program Damping bertema “Inovasi Bisnis Dikala Krisis” secara daring, sejak awal Januari 2021.

Melalui program yang digagas Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) bersama Kampus Bisnis Umar Usman dan Karya Masyarakat Mandiri - Dompet Dhuafa, mereka mendapatkan materi berupa startegi keuangan, desain grafis dan digital marketing. 

"Acara ini bertujuan memperkuat UMKM di Indonesia, terutama di masa pandemi seperti ini, tidak hanya untuk bertahan tetapi untuk bisa bangkit sehingga mampu mendukung perekonomian Indonesia agar terus tumbuh," ujar Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo. 

Danone Indonesia telah tumbuh dan berkembang bersama lebih dari 1,5 juta pelaku UMKM di Indonesia.

"Mereka turut berperan dalam memberikan akses terhadap produk-produk hidrasi dan nutrisi kami bagi masyarakat di Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga: Pelatihan UMKM, Grab Kembali Gelar #TerusUsaha Akselerator Batch 2

Direktur Kampus Bisnis Umar Usman Asep Hendriana mengatakan Program Damping UMKM ini merupakan sinergi yang baik sekaligus langkah konkret membantu UMKM di Indonesia.

"Terutama karena materi yang diberikan hampir semunya merupakan materi yang aplikatif,” ucapnya.

Di acara yang sama, Coach Rully Bhagaskara, seorang pelatih bisnis tersertifikasi (Certified Business Coach), menilai di masa pandemi seperti ini, UMKM harus berinovasi dalam merespon kondisi yang ada sebagai sebuah kesempatan.

UMKM, lanjut dia, perlu melakukan perubahan mindset, melakukan perubahan tata cara berpromosi dan memiliki strategi optimal, sehingga dapat bertahan di masa seperti ini.

Baca juga: Era Big Data, UMKM Perlu Dapatkan Pendampingan Data Science

"UMKM Indonesia harus adaptif dan berani bangkit untuk terus berkembang," katanya.

Coach Rully merupakan salah satu coach yang turut aktif memberikan Pendampingan kepada para peserta program Damping.

Program Damping dengan hastag #DampingiUMKM ini dilakukan dengan melibatkan para UMKM di bawah binaan PT. Karya Masyarakat Mandiri.

Selain itu juga dilibatkan peserta dari jaringan Kampus Bisnis Umar Usman, UMKM yang merupakan binaan Danone di Indonesia dan juga UMKM lain yang berasal dari umum

Danone Specialized Nutrition Indonesia, Kampus Bisnis Umar Usman dan PT. Karya Masyarakat Mandiri - Dopet Dhuafa berkomitmen untuk terus mendampingi para UMKM agar dapat bertahan menghadapi pandemi, serta dapat terus berkarya, dan berdaya untuk ekonomi Indonesia yang lebih kuat.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas