Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengamat Nilai Bisnis Jual Beli Menara Telekomunikasi Bakal Menarik

Heru Sutadi, mengatakan salah satu pemain yang dikabarkan bakal kembali melepas menaranya adalah PT Indosat Ooredoo

Editor: Sanusi
zoom-in Pengamat Nilai Bisnis Jual Beli Menara Telekomunikasi Bakal Menarik
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa waktu ke belakang, sejumlah pemain di industri telekomunikasi melepas kepemilikan menara. Ke depan, bisnis jual beli menara telekomunikasi pun diprediksi masih menarik.

Menurut Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi, salah satu pemain yang dikabarkan bakal kembali melepas menaranya adalah PT Indosat Ooredoo. Bila benar, ia memprediksi langkah ini bakal direspons positif oleh pasar.

Baca juga: Kolaborasi Indosat dan Snapchat Percepat Penggunaan Augmented Reality

"Dari kajian yang kami lakukan, jika Indosat kembali melakukan aksi monetisasi menaranya seperti 2019 lalu, pasar akan merespons positif walau ada pandemi. Bahkan, bisa saja harga per menaranya naik dibanding tahun lalu," kata dia dalam kajiannya, Selasa (9/2).

Sebelumnya Indosat Ooredoo pada 2019 lalu menjual 3.100 menaranya kepada PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dan PT Protelindo. Sebanyak 2.100 menara dilepas kepada Mitratel, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Sedangkan, 1.000 menara dilepas kepada Protelindo, anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Baca juga: Indosat: Jaringan 5G Investasi Penting di Industri Telekomunikasi

Heru memprediksi sejumlah pemain besar di bisnis menara akan kembali meramaikan rencana penjualan menara Indosat. “Untuk transaksi tahun ini, harganya bisa saja naik signifikan karena aset yang dijual memiliki kualitas lebih baik," katanya.

Selain itu permintaan demand untuk data terus meningkat, apalagi dengan operator yang berlomba untuk menerapkan 5G, menyebabkan demand untuk menara telekomunikasi terus bertumbuh. Selain itu, rencana penghapusan daftar negatif investasi dalam Omnibus Law harusnya juga membawa angin segar dan meningkatkan minat investor asing terhadap sektor menara telekomunikasi di Indonesia.

Heru menyebut jika lelang digelar sukses, maka Indosat Ooredoo akan mendapatkan dana segar untuk memperkuat belanja operasinya. "Ini akan menjadi modal tambahan bagi Indosat untuk menuju era 5G, karena makin agile dan kompetitif," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, jika skema penjualan sama dengan 2019 dimana setelah dijual kemudian disewa kembali, maka akan bisa menguntungkan bagi Indosat.

artikel ini sudah tayang di KONTAN, dengan judul: Bisnis jual beli menara telekomunikasi dinilai bakal menarik

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas