Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Libur Tahun Baru Imlek, 264 Ribu Kendaraan Terpantau Tinggalkan Jabodetabek

Dalam rinciannya, Heru menjelaskan, dari arah timur melalui GT Cikampek Utama 1 dengan jumlah 67.317 kendaraan meninggalkan Jakarta.

Libur Tahun Baru Imlek, 264 Ribu Kendaraan Terpantau Tinggalkan Jabodetabek
Dok Jasa Marga
Foto ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada Tahun Baru Imlek periode 11-12 Februari 2021 mencapai 264.458 kendaraan.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca juga: Libur Imlek, Jasa Marga Catat 264 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Meski begitu, total volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek ini turun 8 persen dibandingkan situasi normal," ucap Heru dalam keterangannya, Sabtu (13/2/2021).

Menurutnya, kendaraan yang meninggalkan Jakarta terdistribusi ke dalam tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 135.280 kendaraan menuju arah Timur, 69.034 kendaraan menuju arah Barat dan 60.144 kendaraan menuju arah Selatan.

Dalam rinciannya, Heru menjelaskan, dari arah timur melalui GT Cikampek Utama 1 dengan jumlah 67.317 kendaraan meninggalkan Jakarta naik sebesar 5 persen dari lalin normal.

Baca juga: Jasa Marga Catat Pergerakan Kendaraan Keluar Jakarta via Tol Naik 11 Persen

"Sedangkan GT Kalihurip Utama 1 dengan jumlah 67.963 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik 6,6 persen dari lalin norma," ucap Heru.

Kemudian lanjut Heru, total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 135.280 kendaraan, naik sebesar 5,8 persen dari lalin normal,” tuturnya.

"Selanjutnya lalu lintas meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 69.034 kendaraan, turun 26,2 persen dari lalin normal.

"Sedangkan kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan atau lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 60.144 kendaraan, turun sebesar 9 persen dari lalin normal.

Heru mengimbau, mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol dan pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas