Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

DP 0 Persen Sektor Properti dan Kendaraan Berlaku Hingga Desember 2021, Akan Diperpanjang?

kebijakan uang muka (down payment/DP) nol persen untuk properti dan kendaraan bermotor berlaku 1 Maret hingga 1 Desember 2021.

DP 0 Persen Sektor Properti dan Kendaraan Berlaku Hingga Desember 2021, Akan Diperpanjang?
Bank Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, kebijakan uang muka (down payment/DP) nol persen untuk properti dan kendaraan bermotor berlaku 1 Maret hingga 1 Desember 2021.

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung mengatakan, belum dapat memastikan aturan ini setelah Desember 2021 akan diperpanjang atau tidak.

"Ini berlaku efektif 1 Maret 2021 dan evaluasi lagi 1 Desember 2021. Kalau masih diperlukan akan diteruskan," ujarnya melalui video conference, Senin (22/2/2021).

Baca juga: BI: Penjualan Rumah Besar dan Ruko Belum Membaik

Juda menjelaskan ketentuan DP untuk kendaraan bermotor itu sebelumnya masih 15 persen untuk roda dua serta hanya bank-bank yang menenuhi persyaratan saja yang dapat melakukan.

"Untuk bank yang tidak memenuhi persyaratan NPL (non performing loan), DP-nya 20 persen. Kemudian roda 3, produktif, dan sebagainya," katanya.

Karena BI pertimbangkan 2 sektor yakni properti dan otomotif mempunyai dampak ke depan lebih besar maka dikeluarkan kebijakan DP 0 persen mulai 1 Maret 2021.

"Kendaraan bermotor dampaknya ke services, sparepart, belum lagi perlengkapan lainnya yang bervariasi. Apalagi sektor properti ketika bangun rumah perlengkapan penunjang sangat besar sekali keterkaitannya," pungkas Juda.

Ikuti kami di
Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas