Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemendag Dukung Pengembangan Perdagangan UMKM Lewat Kolaborasi

Wamendag optimistis semua tantangan perdagangan dan ekonomi bisa dihadapi jika semua pihak berkolaborasi.

Kemendag Dukung Pengembangan Perdagangan UMKM Lewat Kolaborasi
Fitri Wulandari
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkolaborasi dengan beberapa stakeholder kunci untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga optimistis semua tantangan perdagangan dan ekonomi bisa dihadapi jika semua pihak berkolaborasi.

Pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder Accor Hotel, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Pemerintah Daerah Sulawesi Utara untuk membangun perekonomian nasional.

Baca juga: Biden: Akan Ada Pengumuman Soal Sanksi untuk Putra Mahkota Arab Saudi

“Kita semua tahu pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu kita harus mendukung pengembangan UMKM dengan berbagai cara, termasuk dalam pengembangan pemasaran dan perdagangannya melalui kolaborasi ini,” ujar Wamendag saat menyaksikan penandatanganan kerjasama, Minggu (28/2/2021).

Selain menekankan perlunya kolaborasi antar stakeholder, Jerry juga kembali mempromosikan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang menjadi program bersama di seluruh Kementerian Kabinet Jokowi-Ma`ruf Amin.

Baca juga: PROFIL Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar, Mantan Hakim Agung yang Ditakuti Para Koruptor

“Melalui kerja sama ini diharapkan produk-produk Indonesia bisa terus berkembang dan meningkat kualitasnya karena mendapatkan pasar yang baik,” urai Wamendag.

Pada penandatanganan kerja sama ini, UMKM akan menjadi penyedia kebutuhan hotel.

Selain itu, sebagai dukungan dalam mempromosikan produk UMKM, hotel secara periodik menyediakan ruang pamer di area yang strategis.

Sulawesi Utara sendiri dipilih setelah kerjasama dilakukan juga di enam provinsi yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat.

Kepala Jaringan dan Jasa PT BNI Wilayah 11 Manado Ferry Sinaga menyatakan pihaknya banyak membantu UMKM dan stakeholder lainnya.

“Saat ini BNI juga mendukung Kemendag dalam digitalisasi pembayaran ritel melalui EDC merchant, QR Code Payment, serta e–Retribusi di pasar rakyat,” ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas