Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

KAI Akan Perluas Penggunaan GeNose untuk Tes Covid-19 di 44 Stasiun

Aaat ini layanan GeNose C19 tersedia di 12 stasiun KA, antara lain Stasiun Pasar Senen, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Gambir, Stasiun Solo Balapan.

KAI Akan Perluas Penggunaan GeNose untuk Tes Covid-19 di 44 Stasiun
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Calon penumpang kereta api menjalani layanan deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C19 (Gajah Mada Electric Nose Covid-19) di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (15/2/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menerapkan tes GeNose C19 bagi calon penumpang di Stasiun Bandung dengan tarif Rp 20.000, sebagai salah satu syarat perjalanan kereta api jarak jauh untuk mengantisipasi terjadi kerumunan kepadatan pelayanan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menambahkan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat GeNose C19, sebagai syarat melakukan perjalanan dengan Kereta Api (KA).

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan, saat ini layanan GeNose C19 tersedia di 12 stasiun KA yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Gambir, Stasiun Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi, Purwokerto, Madiun, Malang dan Surabaya Gubeng.

"Nantinya layanan ini akan tersedia di stasiun lain, sehingga total akan tersedia di 44 stasiun seluruh Indonesia," kata Joni saat dikonfirmasi, Senin (1/3/2021).

Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19, lanjut Joni, merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA jarak jauh.

Baca juga: Pelni Berharap GeNose C19 Dapat Segera Diterapkan untuk Penumpang Kapal

"Syarat ini sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021,” ujar Joni.

Terkait syarat penggunaan GeNose C19 sendiri, calon penumpang KA jarak jauh harus memiliki tiket atau kode booking yang sudah lunas.

Baca juga: YLKI: Jangan Ambil Untung, Harga GeNose di Bandara Harus Sama dengan Stasiun

Kemudian selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan genose yang menunjukkan negatif , berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh. 

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas