Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kementerian Tenaga Kerja Jajaki Kerja Sama Pengembangan Wirausaha dengan PT PNM

PNM akan membantu dalam sisi peningkatan kompetensi pendampingan dan juga pengembangan program kewirausahaan yang diinisiasi Kemnaker

Kementerian Tenaga Kerja Jajaki Kerja Sama Pengembangan Wirausaha dengan PT PNM
dok.
Menekar Ida Fauziyah menerima kunjungan Direktur Utama PT PNM, Arief Mulyadi, di kantor Kemnaker, Jakarta, Senin (1/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) jajaki kerja sama wirausaha dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) sebagai mitra program wirausaha.

Menekar Ida Fauziyah menerima kunjungan Direktur Utama PT PNM, Arief Mulyadi, di kantor Kemnaker, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Ida Fauziyah mengatakan gerakan perekonomian rakyat melalui kerja sama dengan PT PNM termasuk dalam program pemulihan ekonomi nasional saat Covid-19.

"Kami menyambut positif tawaran kerja sama dengan PNM dan kami sudah minta Dirjen Binapenta dan Binalattas untuk mencari hal-hal yang bisa dikerjasamakan secara konkret," kata Ida.

Baca juga: Pemerintah Fokus Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Jadi 3,55 Persen

Ida berujar, PNM akan membantu dalam sisi peningkatan kompetensi pendampingan dan juga pengembangan program kewirausahaan yang diinisiasi Kemnaker yang nantinya bisa meningkatkan modal dari PNM.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga Raup Omzet Hingga Rp 15 Juta Sebulan dari Jualan Produk Lokal di Platform Reseller

"Untuk kerja sama kewirausahaan itu, setiap peserta yang lulus pelatihan tersebut mendapatkan modal dari PNM atau yang kita latih bisa menjadi pendampingnya," ujar Menaker Ida.

Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan, menambahkan, pihaknya juga akan melihat berbagai kemungkinan jalinan kerja sama.

Baca juga: Manfaatkan Platform Online, Steven Sukses Berbisnis Sneakers

Misalnya dari sisi pelatihan, pihaknya akan meminta job requirement atau persyaratan kerja yang diminta PNM sebagai account officer untuk dilatih Kemnaker.

“Nantinya PNM akan menerima hasil dari pelatihan itu. Kita juga akan melihat standar kompetensinya karena kita akan susun kurikulum pelatihannya di setiap BLK-BLK, termasuk 2.127 BLK Komunitas di seluruh Indonesia,” kata Dirjen Budi Hartawan.

Budi mengatakan untuk pendamping dari PNM sudah direkrut sekiranya 48 ribu orang.

Dirut PNM Arief Mulyadi PNM menyambut baik kerja sama yang disampaikan Menaker Ida Fauziyah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

Arief mengatakan, nantinya pemberdayaan ekonomi dilakukan kepada masyarakat, terutama yang berada di kawasan perdesaan dan perkotaan, sehingga masyarakatnya menjadi produktif.

"Kita bisa kerjasamakan karena di BLK-BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan itu sangat beririsan dengan wilayah layanan nasabah kami yang saat ini sudah 4620 kecamatan," kata Arief.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas