Tribun Bisnis

Pertumbuhan Properti 2021 Diprediksi Mencapai 20 Persen

Sektor properti diproyeksi akan terdongkrak di 2021 didukung berbagai kebijakan insentif dari pemerintah.

Editor: Malvyandie Haryadi
Pertumbuhan Properti 2021 Diprediksi Mencapai 20 Persen
istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor properti diproyeksi akan terdongkrak di 2021 didukung berbagai kebijakan insentif dari pemerintah.

Pembiayaan perumahan juga diprediksi ikut naik sejalan dengan terdongkraknya sektor tersebut.  

Pemerintah kembali memberikan insentif berupa penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) setelah sebelumnya merelaksasi Loan to Value (LTV) ke level 100% atau down payment (DP) 0%. 

Pemerintah bahkan memberikan insentif penghapusan PPN tersebut hingga 100% bagi pembelian rumah serta apartemen siap huni.

Baca juga: Sri Mulyani: Hunian yang Berhak Dapat Insentif PPN, Harus Siap Ditempati dan Harganya Segini

Dengan demikian, pembelian rumah tapak atau rumah susun/apartemen baru yang nilainya di bawah Rp2 miliar akan dibebaskan PPN dan pengurangan PPN untuk rumah Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar sebesar 50%.

Indonesia Property Watch (IPW) menyambut baik kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut. Menurut CEO IPW Ali Tranghanda, insentif kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini merupakan langkah yang tepat untuk mendongkrak sektor properti di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Bahkan, ia memprediksi, pertumbuhan properti di 2021 akan mencapai 20% dibandingkan tahun lalu.

"Harusnya dengan kebijakan ini sektor properti dapat meningkat 20% tahun ini dibandingkan 2020 lalu. Ini langkah luar biasa yang diambil pemerintah untuk menggerakkan ekonomi khususnya properti. Ini akan berdampak luar biasa terhadap peningkatan pasar properti," ujar Ali dalam keterangannya kepada Kontan.co.id, Kamis (4/3).

Belum lama, Bank Indonesia (BI) juga baru memberikan stimulus relaksasi Loan to Value (LTV) 100% atau DP 0% untuk kredit pemilikan rumah (KPR).

Dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan BI dan pemerintah ini, kata Ali, pasar properti akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional, dan akan membantu para pengembang yang belakangan ikut terdampak karena pandemi. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas