Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Erick Thohir: Kendaraan Listrik dan Digitalisasi Finansial Akan Bikin Sunset 2 Jenis Bisnis Ini

Erick Thohir menyebut ada dua jenis bisnis yang akan redup seiring masuknya teknologi kendaraan listrik dan digitalisasi sektor keuangan.

Erick Thohir: Kendaraan Listrik dan Digitalisasi Finansial Akan Bikin Sunset 2 Jenis Bisnis Ini
Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ada dua jenis bisnis yang akan redup atau sunset ke depan seiring masuknya teknologi kendaraan listrik dan digitalisasi sektor keuangan di Indonesia. 

"Contoh bicara EV battery (baterai kendaraan listrik), itu nanti kalau jadi mobil listrik, 80 persen mobil charging di rumah. Jadi bisnis pom bensin (SPBU) akan sunset, ini bukan nakut-nakutin. Ini karena perubahan terjadi," kata Erick saat Rakernas Hipmi, Jumat (5/3/2021).

Selain bisnis SPBU, kata Erick, bisnis penyewaan properti untuk perbankan akan sunset

"Sekarang banyaknya digitalisasi fintech, kemarin baru lahir Bank Jago, bank digital. Apa yang akan terjadi, pembiayaan makin murah dan tapi konsekuensinya banyak cabang-cabang akan tutup," ucap Erick. 

"Hubungannya apa? Kalau bisnis properti yang tadinya punya gedung disewa bank, bisa-bisa nanti 10 tahun ke depan tidak disewa lagi sama bank. Sebab bank tidak perlu outlet atau cabang," sambungnya.

Baca juga: Suzuki Luncurkan Minor Change Beberapa Model Kendaraan Penumpang di Semester II 2021

Dengan gambaran tersebut, Erick pun mengaku senang dengan langkah Hipmi telah membuat peta jalan atau roadmap 50 tahun ke depan.

"Selama ini kita hanya asik sibuk berpolitik dan kadang-kadang selalu minta keberpihakan. Tapi banyak pengusaha yang tumbuh sekarang bukan karean itu, tapi bagaimana melihat peluang agar punya kapabilitas, agar mendapatkan kesempatan itu," tutur Erick.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas