Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Manfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

Kemenparekraf akan menerjunkan tim untuk melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku ekonomi kreatif di desa wisata secara maksimal

Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Manfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Ekonomi Warga
ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Batu Layang, Cisarua, Bogor, Rabu (10/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta seluruh desa wisata memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan nilai ekonomi di daerah tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat mengunjungi desa wisata Vila Musang King Rancamaya dan Batu Layang, Cisarua, Bogor, Rabu (10/3/2021).

"Harapan saya agar adaptasi teknologi untuk masing-masing desa wisata. Jadi bagaimana caranya produk UMKM, ekonomi kreatif ditingkatkan dan adaptasi teknologi," ujar Sandiaga.

Menurutnya, Kemenparekraf akan menerjunkan tim untuk melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku ekonomi kreatif di desa wisata secara maksimal. 

Baca juga: Sandiaga Ingatkan Hary Tanoe Tampung Anak Muda Jabar di Lido Music & Arts Center

"Setelah itu kami pastikan miliki akses ke pasar, akses kepada permodalan dan juga akses untuk mereka meningkatkan keterampilan," papar Sandiaga. 

"Kami juga akan undang marketplace besar, termasuk yang sudah dibina oleh teman-teman Provinsi Jawa Barat," sambungnya. 

Jika hal tersebut dimaksimalkan, Sandiaga menyakini potensi ekonomi di desa wisata bisa naik berkali-kali lipat dari saat ini, dan dapat melampaui target dari Kabupaten Bogor yakni Rp 1 miliar satu desa wisata. 

"Jadi kami lihat akan Rp 4 miliar sampai Rp 5 miliar satu desa wisata.

Misalnya penginapan Ibu Ipih, yang punya homestay dengan dua kamar, tadinya Rp 300 ribu, kalau dia ada sentuhan secara kolaboratif, maka tingkat keterisiannya bisa meningkat," papar Sandiaga. 

 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas