Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bos Schroder: BEI Dapat Melihat dan Menyaring Saham ''Gorengan''

Michael Tjoajadi mengatakan, Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat melihat dan menyaring jika ada saham "gorengan".

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Bos Schroder: BEI Dapat Melihat dan Menyaring Saham ''Gorengan''
Tribunnews/Jeprima
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Direktur Schroder Investment Management Michael Tjoajadi mengatakan, Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat melihat dan menyaring jika ada saham "gorengan".

Menurut dia, praktik goreng menggoreng saham menyangkut transaksi di bursa, apalagi selalu dilakukan di pasar terbuka, bukan pasar negosiasi supaya orang melihat.

Baca juga: BI Ketok Palu, Suku Bunga Acuan Tetap 3,50 Persen

"Nah, transaksi ini sebenarnya filter pertamanya selalu ada di bursa. Mereka yang melihat ini bahwa sebuah transaksi menjadi satu saham gorengan dengan melibatkan banyak perusahaan sekuritas," ujarnya melalui video conference, Kamis (18/3/2021).

Mungkin, lanjutnya, perusahaan sekuritas masing-masing tidak sadar, walaupun melihat dalam beberapa kasus ada koordinasi.

Baca juga: THC Akuisisi 51 Persen Saham Emiten Transportasi Zebra Nusantara

"Tapi, katakanlah mereka tidak sadar digoreng, bisa difilter oleh sistem. Saya percaya sistem di bursa kita sama dengan Australia, bisa mendeteksi itu," kata Michael.

Bahkan, dia menambahkan, dengan teknologi sekarang artificial intelligence atau AI, semua transaksi saham itu bisa dipolakan.

BERITA TERKAIT

"Tanpa pola itupun, kita serta merta mencurigai terhadap saham yang tadinya tidak likuid jadi likuid, dilakukan dengan fenomena tertentu, dan tidak ditunjang fundamental. Itu bisa difilter oleh bursa, lalu masuk ke OJK untuk melihat siapa individu atau korporasi yang lakukan itu," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas