Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Angela Simatupang Terpilih Jadi President IIA Indonesia Periode 2021-2024

Sebelumnya Angela adalah Vice President IIA periode 2018-2021 yang juga masih menjabat sebagai Direktur Global Board RSM International.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Angela Simatupang Terpilih Jadi President IIA Indonesia Periode 2021-2024
dok. rsm
Angela Simatupang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – The Institute Internal Auditors Indonesia (IIA Indonesia) mengumumkan Angela Simatupang terpilih sebagai President of IIA Indonesia periode 2021-2024.

Sebelumnya Angela adalah Vice President IIA periode 2018-2021 yang juga masih menjabat sebagai Direktur Global Board RSM International.

Dalam pemaparan kepada anggota IIA Indonesia, Angela menyampaikan perlunya pergeseran fokus IIA Indonesia dari organization focused menjadi member focused, namun tetap sejalan dengan visi dan misi IIA Global.

Dia juga menyatakan, IIA Indonesia harus memiliki tujuan yaitu untuk membuat anggotanya berdaya menjadi auditor internal yang profesional, tepercaya dan berharga bagi pemangku kepentingan mereka.

Hal ini menjadi semakin penting karena Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara dan menempati posisi populasi terbesar ke-4 di dunia yang berpotensi menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia.

Baca juga: Pendapatan RSM Internasional Tumbuh 9,2 Persen Jadi 6,3 Miliar Dolar AS

Angela berharap IIA Indonesia dapat menjadi sumber utama bagi anggota dan profesi auditor internal, memungkinkan profesional audit internal diakui sebagai profesi yang penting untuk meningkatkan dan melindungi nilai organisasi.

Baca juga: Praktisi: Jika Mau Usut Tuntas Kasus Jiwasraya Perlu Sinergi Koorporasi, Auditor dan Regulator

“Penting agar internal auditor diakui sebagai fungsi yang tidak tergantikan dan sangat diperlukan untuk memungkinkan adanya tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian yang efektif,” ujar Angela setelah acara pemilihan secara virtual di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Akuntansi: Auditor Eksternal, Sekretaris Perusahaan, hingga Analis Anggaran

BERITA REKOMENDASI

Menurut Angela, IIA memiliki peranan strategis dan kritikal bagi organisasi yang ingin memiliki tata kelola yang baik, dan saat ini profesi auditor internal terus berkembang dengan tingkat kinerja dan pengakuan yang tidak konsisten.

Untuk itu Angela menetapkan tiga tujuan utama yang ingin dicapai, pertama membuat profesi ini menjadi kuat, kedua membuat personil nya kompeten, dan yang ketiga memastikan organisasi profesi ini memiliki keberlanjutan.

IIA Indonesia merupakan organisasi profesi yang memayungi profesi auditor internal di seluruh Indonesia.

IIA Indonesia didedikasikan untuk kemajuan dan pengembangan profesi auditor internal dan merupakan rumah dari profesi auditor internal di Indonesia. Secara global IIA memiliki lebih dari 200.000 anggota di lebih dari 165 negara.

Di Indonesia, tercatat lebih dari 2.600 profesional yang menjadi anggota IIA. Seluruh governor yang mengawasi pengelolaan institusi ini merupakan relawan yang ditunjuk oleh para anggotanya.

Beberapa aktivitas IIA Indonesia antara lain mengadvokasi dan mempromosikan nilai yang ditambahkan oleh auditor internal ke dalam organisasi mereka dan memberikan kesempatan pendidikan dan pengembangan profesional yang komprehensif.

Organisasi ini juga menetapkan standar audit internal dan panduan praktik profesional lainnya, serta program sertifikasi profesi; melakukan riset mengenai pengendalian, manajemen risiko, dan tata kelola kepada praktisi dan pemangku kepentingan.

Organisasi ini juga mengedukasi praktisi dan audiens relevan lainnya tentang praktik terbaik dalam audit internal; serta Menghimpun auditor internal dari Indonesia dan sekitarnya untuk berbagi informasi dan pengalaman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas