Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 Ditargetkan Bisa Dilalui Pemudik

Jalan tol ini memiliki total empat gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 Ditargetkan Bisa Dilalui Pemudik
dok. JM
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS)  mempercepat penyelesaian konstruksi dua seksi terakhir jalan tol Balikpapan-Samarinda. 

Yakni, Seksi 1 Balikpapan (Km 13) - Samboja sepanjang 22,03 Km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 Km. 

Direktur Utama PT JBS S.T.H Saragi menjelaskan, hingga 19 Maret 2021 terkait pembebasan lahan untuk Seksi 1 dan Seksi 5 telah mencapai 99,98 persen, dan progres konstruksinya telah mencapai 99,95 persen. 

"Kami menargetkan Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dapat mendukung operasional pelayanan dalam rangka libur Lebaran 2021," kata Saragi dalam keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: BPJT Targetkan 17 Tol Baru Bakal Beroperasi Sepanjang 2021

Saat ini JBS bersama Pemerintah Provinsi dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur menindaklanjuti berbagai penyelesaian pekerjaan, seperti penanganan konstruksi dan geoteknik, penyelesaian main road hingga pekerjaan perkuatan badan jalan. 

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Dorong Digitalisasi Transaksi di Rest Area Tol

Soalrencana pengoperasian tersebut, Saragi mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR karena dengan penyelesaian tahap konstruksi maka selanjutnya akan memasuki tahap Uji Laik Fungsi.

"Khusus untuk Seksi 1, kami turut memonitor proses serah terima aset dari Pemprov Kaltim kepada Kementerian PUPR yang saat ini masih dalam proses verifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Jika tahapan ini sudah selesai, maka tahapan selanjutnya adalah pelimpahan lingkup pengoperasian jalan tol oleh PT JBS," papar Saragi.

Dengan rampungnya seluruh pekerjaan Seksi 1 Balikpapan (Km 13)–Samboja ini, nantinya akan melengkapi 3 seksi dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang sudah lebih dulu beroperasi pada 2019. 

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13) – Sepinggan (11,09 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,30 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (16,59 Km). 

Jalan tol ini memiliki total empat gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas