Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Toyota Hino Isuzu Perkuat Modal Bersama Percepat Elektrifikasi

tiga perusahaan besar kendaraan bermotor Jepang, Toyota Motor Corporation, Hino Motors dan pembuat truk Isuzu Motors telah memutuskan untuk mengakuisi

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Toyota Hino Isuzu Perkuat Modal Bersama Percepat Elektrifikasi
Foto Richard Susilo
Jumpa pers Rabu (24/3/2021) antara para pemimpin Toyota Hino Isuzu 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Untuk mempercepat elektrifikasi (mobil listrik), tiga perusahaan besar kendaraan bermotor Jepang, Toyota Motor Corporation, Hino Motors dan pembuat truk Isuzu Motors telah memutuskan untuk mengakuisisi saham dan membentuk ikatan modal satu sama lain.

Ketiga perusahaan tersebut, termasuk Hino Motors dari Grup Toyota, bertujuan untuk mempercepat penyebaran kendaraan listrik dan kendaraan sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen, yang berpusat pada truk ringan.

Toyota akan mengakuisisi sekitar 5% saham Isuzu seharga 42,8 miliar yen, dan Isuzu juga akan mengakuisisi saham Toyota dengan ukuran yang sama dan membentuk ikatan modal.

Pembuat truk Toyota, Isuzu, dan Grup Toyota, Hino Motors, akan mempercepat penyebaran teknologi seperti kendaraan terhubung yang disebut "CASE", mengemudi otonom, dan elektrifikasi, serta mewujudkan masyarakat bebas karbon.

"Kami bertujuan untuk berkontribusi secara khusus, selain mengerjakan pengembangan EV atau  kendaraan listrik dan FCV atau kendaraan sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen, berpusat pada truk ringan, truk sel bahan bakar sedang dipromosikan dalam bisnis manufaktur hidrogen di Kota Namie, Prefektur Fukushima. untuk mempopulerkan hidrogen," ngkap Presiden Toyota Akio Toyoda Rabu (24/3/2021).

Selain itu, ketiga perusahaan tersebut akan mendirikan perusahaan baru dan bekerja sama dalam pengembangan teknologi penggerak truk otomatis.

BERITA TERKAIT

Toyota dan Isuzu telah memutuskan ikatan modal mereka untuk tujuan mengembangkan mesin diesel kecil tiga tahun lalu, tetapi mereka akan bergabung kembali kini untuk mobil listrik.

Saat elektrifikasi mobil berkembang di seluruh dunia, pemerintah Jepang telah menetapkan tujuan menjadikan semua mobil baru listrik pada tahun 2035, tetapi masalahnya adalah bagaimana melanjutkan elektrifikasi truk.

 "Mungkin kita bisa menyelesaikan masalah banyak pelanggan  Toyota Motors Ltd., Isuzu Motors Ltd., dan Hino Motors Ltd. dari Toyota Group sehingga kita bertemu di Tokyo hari ini," tambahnya.

Selain itu Presiden Toyota Akio Toyoda berkata, "Yang dibutuhkan sekarang adalah memoles dan menyebarluaskan teknologi CASE. Untuk tujuan itu, yang paling penting adalah menerapkannya di truk bersama dengan infrastruktur. Hino dan Isuzu bersatu. Jika Anda melakukannya, Anda akan dapat menghadapi 80% pelanggan kendaraan komersial Jepang dan mengetahui kenyataannya. Jika teknologi Toyota digunakan di sana, masalah banyak pelanggan mungkin dapat diselesaikan."

Selain itu, Presiden Isuzu Masanori Katayama berkata, "Jika ketiga perusahaan bekerja sama, kami mungkin dapat berinovasi untuk mengatasi gelombang laut CASE yang sulit dan menyediakan truk yang lebih ringan dan solusi yang lebih bermanfaat bagi pelanggan. Juga, elektrifikasi truk. Teknologi tertinggal di belakang mobil penumpang. Lima tahun ke depan akan menjadi waktu untuk memilih teknologi favorit."

Di sisi lain, Presiden Yoshio Shimo dari Hino mengatakan, “Beban pengemudi truk terus meningkat karena ekspansi belanja online, dan cara meningkatkan efisiensi transportasi juga menjadi masalah.

Di sisi lain, mencapai netralitas karbon juga menjadi masalah penting. Saya pikir ada banyak area di mana ketiga perusahaan bekerja sama, dan saya ingin mengerjakan reformasi logistik."

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas