Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wamendag Ajak Pelajar di Luar Negeri Bantu Pasarkan Produk Indonesia

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengajak pelajar di luar negeri turut menjadi duta produk Indonesia.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Wamendag Ajak Pelajar di Luar Negeri Bantu Pasarkan Produk Indonesia
Fitri Wulandari
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengajak pelajar di luar negeri turut menjadi duta produk Indonesia.

Menurutnya, elemen pelajar bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara di mana mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk ekspor.

Baca juga: Wamendag: Perdagangan Sektor Perunggasan Harus Untungkan Masyarakat dan Pelaku Usaha

“Perdagangan itu kan multi aspek. Ada banyak sisi yang berpengaruh, baik itu sosial, politik termasuk aspek-aspek ekonomi itu sendiri. Siapapun sebenarnya bisa memberikan informasi mengenai kemungkinan perluasan pemasaran produk Indonesia, meskipun dengan informasi yang tidak langsung berkaitan dengan perdagangan itu sendiri," kata Wamendag secara virtual, Rabu (24/3/2021).

PPI Dunia tersebar di sekitar 57 negara yang mencakup hampir semua benua.

Mereka sering terlibat dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah baik melalui Kedutaan Besar RI maupun lewat kementerian.

Baca juga: Wamendag: Negara Harus Hadir Atasi Problematika Peternak Nasional

Wamendag ingin agar mereka terlibat aktif pula dalam pemasaran produk Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Selain dengan menjadi duta produk, pelajar-pelajar juga bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara di mana mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk," terang Jerry.

Menurut Jerry, dalam menuntut ilmu, para pelajar juga mesti mempelajari negara yang bersangkutan agar bisa membantu atase-atase dan ITPC perdagangan menangkap perilaku konsumen dan peluang-peluang yang ada.

Baca juga: Wamendag Bidik IEU-CEPA Terima Standar Mutu Produk Indonesia

Hal ini berlaku baik di negara-negara tradisional tujuan ekspor Indonesia maupun pasar-pasar potensial seperti di Afrika, Eropa Timur dan Amerika Selatan.

Perdagangan luar negeri Indonesia mencapai rekor surplus pada tahun 2020 dengan capaian sekitar 20 miliar dolar.

Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2012. Pada tahun 2021, strategi perluasan ekspor diarahkan untuk meneruskan yang telah dilakukan seperti melalui penyelesaian perjanjian-perjanjian perdagangan dan promosi melalui berbagai pameran dagang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas