Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PT IWIP Ancang-ancang Tambah Investasi untuk Smelter

Sampai saat ini hingga 4 tahun ke depan PT IWIP sudah menghabiskan dana sebesar 3 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi Rp 40 triliun.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PT IWIP Ancang-ancang Tambah Investasi untuk Smelter
dok. IWIP
Fasilitas prouksi smelter PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di kawasan industri Weda Bay. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengembangkan bisnisnya di Indonesia lebih luas lagi, PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) akan membangun lebih dari 44 lini produksi atau line untuk feronikel di kawasan industri Weda Bay dan berencana menambah investasi sebesar Rp 200 triliun.

General Manager External Relations PT IWIP Wahyu Budi mengatakan, pembangunan 44 lini produksi untuk feronikel dilakukan demi menambah kapasitas yang mampu ditampung  perusahaan.

"Kita akan membangun 44 atau lebih dari itu lini produksi atau line untuk feronikel. Selain itu kita juga kebetulan ada kebutuhan energi maka kita akan menambah kapasitasnya," ujar Wahyu Budi, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: ESDM Target Empat Proyek Smelter Bisa Beroperasi Tahun Ini

Jika hal tersebut dilaksanakan dan ada proyek lain seperti pembangunan untuk bahan baterai, pihaknya akan menambah investasi untuk pembangunan smelter.

Baca juga: Investasi Triliunan, Proyek Strategis Nasional Smelter PT Ceria Ditargetkan Rampung 2024

"Kalau ada proyek lain bahan baterai dan sebagainya akan terealisasi dalam tahun ini tentu saja kita akan menambah investasi. Rencananya kita memang cukup besar mungkin sampai 15 miliar dolar AS atau sekitar Rp 200 triliun, ini secara bertahap," paparnya.

Seperti diketahui, sampai saat ini hingga 4 tahun ke depan perusahaan sudah menghabiskan dana sebesar 3 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi Rp 40 triliun.

BERITA REKOMENDASI

"Ini untuk smelter, kan sudah jadi ada 12 line PLTU nya sudah jadi 3x250, pelabuhannya sudah jadi. Makanya kita menyerap tenaga kerja sebanyak itu karena kita membuat pabrik dan PLTU," pungkasnya.

Sebagai informasi berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kawasan industri ini menelan total investasi mencapai 10 miliar dollar AS, yang merupakan realisasi dari perjanjian antara Eramet group (Perancis) dan Tsingshan.

Bersama dengan partner lokal, yaitu PT Aneka Tambang (Antam) Tbk di tahun 2018, untuk mengembangkan deposit bijih nikel dan 30kt/Ni Nickel Pig Iron smelter sebagai smelter pertama di dalam Kawasan Industri Weda Bay.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas