Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bandara AP II Siap Layanan Tes GeNose C19 hingga 700 Penumpang Pesawat Per Hari Mulai 1 April 2021

Implementasi layanan tes Covid-19 dengan GeNose di Bandara ini, lanjut Awaluddin, akan dilakukan secara bertahap.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bandara AP II Siap Layanan Tes GeNose C19 hingga 700 Penumpang Pesawat Per Hari Mulai 1 April 2021
Surya/Ahmad Zaimul Haq
PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19, GeNose C19 di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Uji coba kepada 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara di lobby Gedung Terminal Baru, di sisi timur Terminal 1 itu sebagai persiapan penggunaan GeNose C19 yang rencananya akan mulai diterapkan pada 1 April mendatang. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) siap menerapkan penggunaan alat tes skrining Covid-19 Genose C19, di bandara yang dikelolanya mulai 1 April 2021.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, ada dua bandara yang akan melayani tes menggunakan GeNose C19 yaitu Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Ia menyebutkan, nantinya Bandara Husein Sastranegara dapat  melayani para penumpang pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 dengan GeNose C19 sebanyak 400 orang per hari.




"Sedangkan untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, nantinya dapat melayani 700 calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes GeNose C19 setiap harinya," kata Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Hingga 29 Maret, 10 Juta Lebih Warga Indonesia Telah Menerima Suntikan Vaksin Covid-19

Implementasi layanan tes Covid-19 dengan GeNose di Bandara ini, lanjut Awaluddin, akan dilakukan secara bertahap.

“Pada tahap awal akan diimplementasikan di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Setelah itu, bertahap diterapkan di bandara lain," ucap Awaluddin.

Selain itu Awaluddin juga menuturkan, sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 12/2021 bahwa tes skrining Covid-19 dengan GeNose menjadi salah satu alternatif syarat untuk terbang selain rapid test antigen dan PCR.

BERITA TERKAIT

Kemudian Awaluddin juga memprediksi, pada tahap awal penggunaan GeNose C19 di bandara yang dikelola Angkasa Pura II jumlah penggunanya akan mencapai 10 persen hingga 15 persen dari total penumpang pesawat yang berangkat.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas