Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ridwan Kamil Sebut Ratusan Pemda Ngeluh Dana Bagi Hasil Migas Tak Lancar

Ridwan Kamil menyebut ratusan Pemerintah Daerah (Pemda) mengalami masalah terkait dana bagi hasil di sektor minyak dan gas

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Ridwan Kamil Sebut Ratusan Pemda Ngeluh Dana Bagi Hasil Migas Tak Lancar
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menunjukkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac (CoronaVac) saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Jalan Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/1/2021). Sejumlah pejabat menerima suntikan vaksin Covid-19 di antaranya yakni Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna dan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya. Seusai divaksin, mereka menerima Kartu Vaksinasi Covid-19 untuk mendapatkan suntikan dosis kedua setelah dua minggu dari suntikan pertama. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM), Ridwan Kamil menyebut ratusan Pemerintah Daerah (Pemda) mengalami masalah terkait dana bagi hasil di sektor minyak dan gas (Migas).

"Ini masalah keadilan, urusan dana bagi hasil di migas masih tidak lancar, tidak jelas, dan sebagainya," ujar Ridwan saat RDPU dengan Komisi VII DPR, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Distribusi BBM di Sejumlah Wilayah NTT Terhambat, Pertamina Lakukan Upaya Ini




Menurut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dari ratusan daerah penghasil migas di Republik Indonesia, hanya dua daerah yang berhasil mendapatkan dana bagi hasil yakni Jawa Barat dan Kalimantan Timur.

"Sisanya susah, kalau pakai surat-suratan dari bawah, formalitas. Saya berhasil karena ngegedor pintu Kementerian ESDM, ditongkrongin, dihadirkan segala rupa, akhirnya kami bisa mendapatkan," paparnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Bantuan DPR Agar Pertamina Kasih Ladang Minyak ke Pemda

Ia menyebut, dana bagi hasil yang diterima Pemda Jawa Barat dari sektor Migas sekitar 20 juta dolar AS per tahun, dan langsung dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat.

"100-an daerah belum. Bahkan, ada isu organisasi produksi ini (Migas) ingin menghilangkan participating interest yang 10 persen," kata Gubernur Jawa Barat itu.

BERITA TERKAIT

"Saya kira, kalau kita pakai kacamata hanya sekadar profit oriented, ya tidak ada investor yang ingin bagi-bagi, kami ingin semua dapat keadilan," tutur Kang Emil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas