Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

OJK Imbau Masyarakat Cek Legalitas Usaha Gadai Sebelum Putuskan Pinjam Uang

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk cermat dalam memutuskan peminjaman uang melalui gadai ke tempat pegadaian.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk cermat dalam memutuskan peminjaman uang melalui gadai ke tempat pegadaian.

Kepala Bagian Pengawasan IKNB Regional 2 OJK Jawa Barat Noviyanto Utomo mengatakan, hingga Februari 2021 sudah ada 98 perusahaan terdaftar dan memiliki izin usaha gadai, baik emas maupun barang lainnya.

Baca juga: Antisipasi Bencana, OJK Minta Lembaga Keuangan Non Bank Siapkan Genset, Ini Maksudnya

"OJK secara konsisten mengajak masyarakat untuk memeriksa izin dan legalitas usaha gadai sebelum memutuskan meminjam dana. Masyarakat dapat mengecek legalitas gadai dengan mudah, yaitu dengan mengakses website ojk.go.id," ujar Noviyanto secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, aturan usaha gadai saat ini diatur dalam Peraturan OJK Nomor 31 Tahun 2016 tentang Usaha Pergadaian. Di mana ke depannya, diperlukan undang-undang dalam mengatur usaha tersebut.

Baca juga: OJK: Keuangan Syariah Terus Meningkat, tapi Kompetensi SDM Masih Rendah

"Perlu kita siapkan undang-undang, untuk sekarang yang kami lakukan beberapa aturan bisa kita liat ulang, yang kurang ditambahkan," tuturnya.

Noviyanto pun menyebut OJK terus bekerja meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat menengah ke bawah, dan pemilik UMKM dmelalui serangkaian program edukasi dan sosialisasi literasi keuangan.

"Dalam rangka penyelenggaraan usaha gadai, OJK hadir sebagai lembaga yang mengawasi usaha pegadaian dan memastikan perlindungan bagi konsumen," katanya.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas