Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemlu Ajak Pengusaha Yogyakarta Tempur di Forum Bisnis Amerika & Eropa

Dubes Ngurah mengatakan kedua forum ini akan diselenggarakan secara virtual karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kemlu Ajak Pengusaha Yogyakarta Tempur di Forum Bisnis Amerika & Eropa
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi bisnis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mengajak pengusaha di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terlibat dalam Indonesia-Latin America and the Carribean Business Forum (INA-LAC BF 2021) dan Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INA-CEE BF 2021).

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI Ngurah Swajaya, mendorong para pelaku usaha Yogya masuk pasar Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar) dan Eropa Tengah dan Timur (Ertengtim) dengan secara langsung mengundang berpartisipasi pada forum bisnis tersebut.

Baca juga: Ketua DPD RI: Kampus Harus Bidani Lahirnya Pengusaha-pengusaha Baru




"Dampak Covid-19 sangat luar biasa dan dirasakan oleh para pelaku usaha. Namun kita dituntut untuk memperkuat optimisme melalui peningkatan kreativitas, inovasi, dan terus menerus mencari peluang,” kata Dubes Ngurah dalam keterangannya, Sabtu (10/4/2021).

Dubes Ngurah mengatakan kedua forum ini akan diselenggarakan secara virtual karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Ia meyakinkan bahwa kegiatan ini salah satu upaya yang digagas Kemlu dalam diplomasi ekonomi untuk peningkatan kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata antara Indonesia dengan kawasan Amlatkar dan Ertengtim adalah penyelenggaraan forum bisnis.

Ngurah Swajaya mengatakan forum bisnis ini terbuka untuk para pelaku usaha di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Ia mengajak para pelaku usaha Yogyakarta memanfaatkan peluang pasar di kawasan ini dan mengundang ikut serta pada kedua forum bisnis tersebut.

“Di forum ini para pengusaha dari kedua pihak dapat berinteraksi, saling mengenal, dan berdiskusi mengenai peluang kerja sama bisnis,” katanya.

Baca juga: Pengusaha Sambut Baik Adanya Kementerian Investasi

Direktur Amerika II Kemlu Darianto Harsono menjelaskan bahwa platform digital INA-LAC melalui www.ina-lac.com sudah disiapkan bagi pengusaha yang ingin bergabung.

Ia berharap platform digital ini dapat membantu pelaku bisnis untuk menjalin bisnis dan memberikan informasi mengenai profil perusahaannya, termasuk jenis usaha, produk yang ditawarkan atau yang dibutuhkan.

“Melalui platform digital INA-LAC ini para pelaku usaha dapat berinteraksi dan memaksimalkan penggunaan website ini, termasuk mengelolanya sendiri apabila sudah menjadi anggota”, kata Darianto.

Forum bisnis INA-LAC ketiga akan diselenggarakan pada Oktober 2021.

Forum bisnis INA-LAC pertama diselenggarakan pada 14-15 Oktober 2019 dihadiri 270 pengusaha dari kedua pihak.

Sedangkan forum bisnis INA-LAC kedua pada 9-11 November 2020 dihadiri 490 peserta secara virtual dan 63 peserta secara presensial karena pandemi Covid-19.

Sementara itu, forum bisnis INA-CEE merupakan yang pertama kali dan akan diselenggarakan pada Juli/Agustus 2021.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas