Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kemenperin Dorong IKM Berkolaborasi Kembangkan Kendaraan Listrik

Kemenperin mengapresiasi inovasi yang dilakukan PT Eran Teknikatama yang adaptif terhadap perubahan dan peluang pasar

Kemenperin Dorong IKM Berkolaborasi Kembangkan Kendaraan Listrik
ist
Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKMA) Kementerian Perindustrian, melakukan kunjungan ke PT Eran Teknikatama yang merupakan produsen komponen metal untuk otomotif dan saat ini sedang mengembangkan kendaraan bermotor listrik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKMA) Kementerian Perindustrian, melakukan kunjungan ke PT Eran Teknikatama, produsen komponen metal untuk otomotif dan saat ini sedang mengembangkan kendaraan bermotor listrik.

Eran Teknikatama sejak 2020, mulai melakukan desain produk skuter elektrik dengan prototipe pertama yaitu skuter listrik berdiri dan kembali dikembangkan menjadi skuter listrik duduk.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan PT Eran Teknikatama yang adaptif terhadap perubahan dan peluang pasar terutama terkait kendaraan listrik.

Baca juga: IIMS 2021 Resmi Dibuka, Jokowi Ingin Percepat Produksi Mobil Listrik Jadi Unggulan Indonesia

Selain itu Gati juga menjelaskan, bahwa Kemenperin terus berupaya mewujudkan target pemerintah dalam percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

"Maka dari itu, kolaborasi antar industri sangatlah penting dalam hal ini, agar komponen dalam negeri di kendaraan bermotor listrik dapat mencapai minimal 40 persen," ujar Gati di PT Eran Teknikatama, Bogor, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Dapatkan Diskon 50 Persen Biaya Listrik dari PLN Bulan April 2021, Berikut Rincian Skemanya

Gati juga menilai, skuter elektrik dari PT Eran Teknikatama ini tentu diharapkan dapat diproduksi secara massal yang tentunya dapat digunakan masyarakat untuk melakukan mobilitas mereka.

"Tentunya pembuatan skuter elektrik ini, harus mampu menggandeng para industri kecil dan menengah agar dapat ikut serta untuk menumbuhkan perekonomian," ujar Gati.

Menurutnya, saat ini banyak industri kecil dan menengah yang sudah mampu membuat komponen yang diperlukan oleh produsen otomotif.

"Saya tentu ingin, PT Eran Teknikatama ini menggandeng pada IKM untuk ikut serta," ucap Gati.

Dengan mengikutsertakan para industri kecil dan menengah, lanjut Gati, tentunya ini juga mendorong adanya perputaran ekonomi dan pemulihan ekonomi pun dapat menjadi lebih cepat.

Sementara itu menurut Direktur PT Eran Teknikatama Agung Nugraha menyampaikan, perusahaannya telah melakukan diversifikasi produk pada 2020 dengan membuat skuter elektrik.

"Pengembangan produk skuter elektrik ini, mulai dari desain hingga perakitan dan uji coba laik jalan dilakukan di PT Eran Teknikatama," kata Agung.

Agung juga menyebutkan, pihaknya berkeinginan untuk melakukan produksi massal agar dapat dikenal sebagai produk buatan nasional.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas