Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

UMKM di Cirebon Mampu Bertahan Berkat Pemanfaatan Digital

Digitalisasi sangat tidak terhindarkan. Inovasi dan digitalisasi menjadi solusi kebangkitan ekonomi yang sangat relevan dengan kondisi saat ini.

UMKM di Cirebon Mampu Bertahan Berkat Pemanfaatan Digital
Shutterstock
Ilustrasi UMKM. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - UMKM Cirebon tetap berkegiatan dengan memanfaatkan peluang entreneurship dan technopreneurship.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary mengatakan pemerintah mendukung potensi produk UMKM di tengah pandemi Covid-19.

"Pemerintah memberikan jaringan infrastruktur internet agar masyarakat bisa lebih produktif dalam menjual produknya secara online, meskipun tidak bisa bertransaksi jual beli secara tatap muka namun kini UMKM Cirebon masih bisa tetap survive di tengah pembatasan sosial", ujar Septriana dalam membuka acara Creativetalks Pojok Literasi, "Dorong Geliat Ekonomi Kota Cirebon di Tengah Pandemi", Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Pemprov Jabar Terima Sumbangan Sepeda Serbaguna untuk Dorong Pertumbuhan UMKM

Septriana memberikan motivasi kepada UMKM Cirebon bahwa selalu ada peluang di tiap kesulitan.

“Tunjukkan kita bangsa Indonesia, wong Cerbon, mampu mengatasi wabah pandemi global ini secara bersama-sama", ucapnya.

Diketahui Cirebon menyimpan potensi yang kaya dalam produk etniknya, seperti Batik, Topeng, Ukiran Kayu, Lukisan Kaca, Kaca Dekorasi dan lainnya.

Selain itu karakteristik, corak dan ornamen produk UMKMnya dipengaruhi oleh berbagai budaya, yakni Islam, Cina, Arab dan Hindu.

Baca juga: 25 UMKM Ramaikan Gelaran Virtual Exhibition Kota Padang 2021

Ketua Umum Dharma Pertiwi dan e-commerce LaDaRa, Nanny Hadi Tjahjanto menyampaikan LaDaRa berisi 100 persen produk-produk dalam negeri yang diperuntukan bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan produk unggulan UMKM secara online agar tetap produktif, kreatif dan inovatif.

"Digitalisasi UMKM sangat penting untuk mengembangkan dan memajukan UMKM di Indonesia. Berwirausaha tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tetapi juga orang lain dengan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya", ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas