Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PGN Siapkan Infrastruktur Gas Bumi Terintegrasi

Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan berbagai proyek strategis untuk menjaga keberlanjutan utilisasi energi domestik.

PGN Siapkan Infrastruktur Gas Bumi Terintegrasi
dok PGN
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan berbagai proyek strategis untuk menjaga keberlanjutan utilisasi energi domestik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan berbagai proyek strategis untuk menjaga keberlanjutan utilisasi energi domestik.

Dengan pengelolaan infrastruktur gas bumi sebesar 97 persen, PGN mempersiapkan infrastruktur gas bumi di wilayah barat dengan dominan infrastruktur pipa.

Sedangkan, wilayah timur dengan infrastruktur non pipa yang dapat melayani gas bumi, baik dalam bentuk gas pipa, Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquified Natural Gas (LNG).

Baca juga: PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

PGN pun berperan aktif mendukung program Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang sesuai dalam jangka waktu menengah yaitu pembangunan fasilitas Small Land-Based LNG Regasification Terminal di Cilacap dan pembangunan Pipa Gas Senipah ke Kilang RU V Balikpapan.

Direktur Utama PGN Suko Hartono mengatakan, proyek ini sebagai langkah menyediakan supply dan infrastruktur LNG yang terintegrasi untuk pemenuhan kebutuhan gas di RU IV Cilacap, maupun RU Balikpapan secara tepat mutu, tepat waktu, dan tepat biaya.

Baca juga: Jaga Kinerja, Realisasi Penjualan Gas Bumi PGN Awal 2021 Lebihi Target

"Pembangunan infrastruktur gas ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan Kilang Balikpapan melalui pipa gas Senipah - Balikpapan. Sedangkan gasifikasi Kilang Cilacap dilakukan dengan memanfaatkan portofolio PGN dalam mengelola LNG sebagai persiapan PGN going global dan entry point pengambangan pasar LNG retail di Jawa Tengah bagian selatan," kata Suko dalam keterangannya, Selasa (20/4/2021).

Suko memastikan, PGN berkomitmen mengawal pelaksanaan proyek kilang tersebut agar dapat bermanfaat maksimal bagi pertumbuhan industri dalam negeri, optimalisasi sumber energi domestik, dan penguatan investasi migas nasional.

“PGN Subholding Gas mendukung Program RDMP Kilang sebagai proyek strategis nasional dan mengembangan infrastruktur untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dan membantu upaya pengurangan energi impor,” papar Suko.

Proyek Terminal Regasifikasi LNG diestimasikan dapat menghasilkan volume ramp up sampai dengan 111 MMSCFD.

Sedangkan Pipa Senipah-Balikpapan diestimasikan dalam mendukung penyaluran gas untuk efisiensi kilang dengan volume ramp up sampai 194 MMSCFD. Keduanya ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas