Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

96 Persen Gardu Listrik di NTT Kembali Beroperasi Normal Pasca Diterang Siklon Tropis Seroja

PT PLN berhasil memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu 13 hari, pasca diterjang Siklon Tropis Seroja beberapa waktu lalu. 

96 Persen Gardu Listrik di NTT Kembali Beroperasi Normal Pasca Diterang Siklon Tropis Seroja
Istimewa
Petugas PLN memulihkan lagi jaringan listrik di NTT pasca diterjang siklon tropis Seroja. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN berhasil memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu 13 hari, pasca diterjang Siklon Tropis Seroja beberapa waktu lalu. 

Dari total 4.002 gardu distribusi yang terdampak badai, sekitar 96,4 persen atau 3.857 gardu distribusi sudah menyala dan beroperasi normal. 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, sampai saat ini ada 616.814 pelanggan di NTT telah kembali menikmati nyala listrik, atau sekitar 97 persen dari total 635.979 pelanggan PLN yang mengalami pemadaman.

Untuk mempercepat proses pemulihan, kata Zulkifli, PLN mengerahkan 1.316 personel, dengan mendatangkan tenaga bantuan dari NTB, Maluku, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Baca juga: Dirut PLN: Pascabencana, Masih Ada 3 Persen Pelanggan di NTT Gelap Gulita

"Sebanyak 227 relawan yang membantu petugas di lapangan, ditambah bantuan 30 anggota pasukan TNI serta anggota Polri mempercepat pekerjaan kami. Sedangkan warga yang membantu kami di berbagai lokasi, praktis tak bisa kami hitung dan catat," paparnya. 

Baca juga: Soal Penyesuaian Tarif Listrik, PLN Tunggu Penetapan Pemerintah

Saat ini, tower 19 yang roboh sudah tergantikan oleh tower emergency, tepat pada 18 April 2021 pukul 17.53 WITA tersambung, sehingga hampir 170 ribu pelanggan di 4 kabupaten di Pulau Timor dapat menikmati listrik kembali.

"Kami yang memonitor setiap hari, pagi, siang, dan malam, begitu gembira ketika satu wilayah sudah menyala," kata Zulkifli.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas