Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PLN Dorong Pengembangan UMKM dan Industri Agrikultur

PLN kini tengah memberikan diskon tambah daya melalui promosi Super Hemat UMKM yang berlaku hingga 30 April 2021.

PLN Dorong Pengembangan UMKM dan Industri Agrikultur
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Direktur Utama PT PLN Zulkifli Zaini 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyatakan komitmen PLN menggerakkan roda ekonomi melalui beberapa program seperti promosi tambah daya untuk pelanggan UMKM dan juga program electrifying agriculture untuk mendorong industri agrikultur.

PLN kini tengah memberikan diskon tambah daya melalui promosi Super Hemat UMKM yang berlaku hingga 30 April 2021.

"Hanya dengan membayar Rp 202.100, UMKM dapat melakukan tambah daya ke 2.200 VA hingga 11.000 VA. Kini sudah lebih dari 63.000 UMKM yang memanfaatkan diskon tambah daya listrik PLN, dan masih berlangsung hingga 30 April 2021" jelas Zulkifli, dalam keterangannya Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Dirut PLN: Pascabencana, Masih Ada 3 Persen Pelanggan di NTT Gelap Gulita

Sedangkan dari sisi electrifying agriculture, PLN memberikan kemudahan akses listrik bagi pelaku usaha sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Akses listrik itu digunakan sebagai sumber tenaga penggerak, pemanas atau penerangan pada pompa irigasi sawah, penggilingan padi, budidaya buah naga, pengusir hama tanaman bawang, pembibitan ikan, budidaya ternak unggas, dan lainnya.

Baca juga: Soal Kenaikan Tarif Listrik, PLN Tunggu dari Pemerintah

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menjelaskan bahwa listrik merupakan kebutuhan mutlak dalam menjalani usaha.

Dari usaha besar hingga UMKM membutuhkan listrik agar berjalan dengan baik.

“Dengan ketersediaan akses listrik kepada UMKM maka UMKM dapat bersaing dengan memberikan keunggulan kompetitif pada efisiensi biaya produksi tambahnya,” tutur Teten.

Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM RI turut berperan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk UMKM, dan upaya tersebut terbagi menjadi sektor hulu dan hilir.

“Pemerintah memberikan stimulus subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR), KUR Super Mikro dan Non-KUR, insentif pajak, serta Program Bantuan Presiden (BANPRES) Produktif Usaha Mikro” jelas Teten.

Pada sisi hilir, UMKM mendapat akses untuk menjadi bagian dari rantai pasok Pemerintah melalui aplikasi Bela Pengadaan dan penggunaan PADI (Pasar Digital) untuk menjadi bagian dari rantai pasok BUMN.

PLN menggelar webinar bertajuk “Electrifying Lifestyle” sebagai rangkaian kegiatan PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity).

Kegiatan ini merupakan upaya PLN mendorong pemanfaatan listrik tidak hanya menjadi penerang, tetapi juga menggerakan roda perekonomian.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
load->view('side/tjb_classified_ads'); ?>
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas