Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina Bangun Stasiun Isi Daya Mobil Listrik di Bandara Soekarno Hatta

PT Pertamina (Persero) memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bertipe Fast Charging d

Pertamina Bangun Stasiun Isi Daya Mobil Listrik di Bandara Soekarno Hatta
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ilustrasi: Pengendara menggunakan aplikasi PLN Charge.IN saat peluncuran aplikasi tersebut di Jakarta, Jumat (29/1/2021). PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meluncurkan aplikasi Charge.IN bagi pengguna kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya kendaraan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dengan hadirnya aplikasi itu diharapkan dapat mendorong penggunaan kendaraan listrik lebih masif dalam beberapa waktu ke depan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bertipe Fast Charging di titik strategis seperti Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini upaya Pertamina mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pengembangan infrastruktur kendaraan listrik ini merupakan dukungan Pertamina terhadap Peraturan Presiden no 55 tahun 2019 terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Pertamina memiliki cita-cita World Class Energy Company secara bertahap menyiapkan transisi energi ke arah energi terbarukan, menyiapkan infrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik di sisi hilirnya, termasuk pengembangan SPKLU," kata Nicke, tertulis Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Polisi Temukan Unsur Pidana dalam Kasus Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan

Setelah Desember 2020 meresmikan SPKLU Fatmawati Jakarta Selatan, pengembangan fasilitas energi masa depan ini terus berlanjut. Salah satunya SPKLU Fast Charging di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Soetta) Tangerang Banten.

Pertamina bersinergi dengan Grab Indonesia sebagai perusahaan transportasi berbasis aplikasi yang memiliki mitra pengendara.

Baca juga: Kurangi Polusi di Udara, Pertamina Terapkan Program Langit Biru di Banjarmasin

Melalui sinergi bersama Grab Indonesia yang berkomitmen meningkatkan jumlah armada kendaraan listriknya, Pertamina yakin kerjasama ini akan membawa kontribusi yang positif guna mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia.

President of Grab Indonesia Grab Ridzki Kramadibrata menjelaskan bahwa Grab percaya pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan juga sejalan dengan menciptakan peluang ekonomi bagi komunitas lokal.

"Kami terus mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan inisiatif keberlanjutan lingkungan kami melalui berbagai kemitraan," ucapnya.

Pertamina telah mengembangkan enam titik lokasi SPKLU bertipe Fast Charging yang tersebar di lokasi SPBU dan lokasi strategis lainnya yang tersebar di provinsi DKI Jakarta dan Banten.

Dalam pengoperasian SPKLU, bersifat self service dan cashless dengan tetap mengedepankan kemudahan pengisian bagi pemilik kendaraan.

Baca berita Polisi Soal Kasus Pengeroyokan Brimob dan Kopassus

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas