Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menteri Trenggono Luncurkan Varietas Baru Ikan Patin Pustina di Jambi

Dia berharap Provinsi Jambi bisa memiliki kampung perikanan budidaya setelah lahirnya ikan patin varietas baru yang diberi nama pustina. 

Menteri Trenggono Luncurkan Varietas Baru Ikan Patin Pustina di Jambi
IST
Peluncuran ikan patin varietas baru Pustina, Jumat (23/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi karena berhasil mengembangkan ikan patin varietas baru.

Dia berharap Provinsi Jambi bisa memiliki kampung perikanan budidaya setelah lahirnya ikan patin varietas baru yang diberi nama pustina

“Saya sangat mendukung ikan patin pustina ini untuk terus dibudidayakan, langkah ini sejalan dengan program prioritas kita yaitu pengembangan perikanan budidaya," ujar Menteri Trenggono dapam soft launching Ikan Patin Pustina di BPBAT Sungai Gelam, Jambi, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Menteri Trenggono Ingatkan Eksportir Perikanan Jangan Nakal Soal Pajak

Dengan adanya Patin Pustina yang kualitasnya unggul ini, Menteri Trenggono berharap masyarakat semakin produktif dalam menjalankan aktivitas budidaya, khususnya untuk komoditas ikan patin. 

Baca juga: KKP: Kasus Penyelundupan Ikan Patin Fillet Diduga Libatkan Banyak Oknum

Sebab ikan ini tidak hanya unggul dari sisi kualitas, tapi juga memiliki pangsa pasar yang besar dan harga jualnya cukup tinggi. 

Menteri Trenggono mendorong jajarannya untuk mengembangkan kampung-kampung budidaya di wilayah Jambi. 

Komoditasnya pun tak sebatas patin, tapi jenis-jenis ikan lain yang berkembang di perairan Jambi. 

Pengembangan ini harus dibarengi dengan perencanaan bisnis yang matang agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai. 

Kegiatan budidaya dan keberadaan kampung-kampung budidaya diyakininya akan memberi dampak pada peningkatan putaran ekonomi masyarakat Jambi dari mulai hulu hingga hilir. 

Pendapatan masyarakat meningkat, terciptanya lapangan kerja, peningkatan pendapatan daerah sampai pada peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor kelautan dan perikanan.

"Ke depan saya berharap ada satu kawasan kampung-kampung budidaya disini, bukan hanya ikan patin, masih ada ikan belida, ikan bilih, saya minta Pak Kepala Balai nantinya dapat memberikan data seberapa besar angka putaran ekonomi hulu ke hilir dari perikanan budidaya ini," kata dia.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas