Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dorong Ekonomi Digital, Kemenparekraf Membuka Program BEKUP 2021

Menparekraf Sandiaga Uno menilai, saat ini ekosistem digital sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Dorong Ekonomi Digital, Kemenparekraf Membuka Program BEKUP 2021
ist
Menparekraf Sandiaga Uno dalam konferensi pers kick off BEKUP 2012 secara virtual, Selasa (27/4/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai, saat ini ekosistem digital sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak bagi ekonomi dunia dan juga Indonesia. Tetapi ekonomi digital Indonesia di 2021, tumbuh 11 persen dibandingkan tahun 2020.

"Bahkan menurut laporan ekonomi dari Google, Temasek dan Bain & Company mencatat sejak 2015 hingga 2019 pertumbuhan ekonomi digital Indonesia telah tumbuh sebesar 49 persen," kata Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual Baparekraf fo Startup (BEKUP) 2021.

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno Ajak Komunitas Gaungkan Wisata Bermotor

Ia mengungkapkan, bahwa ekonomi digital Indonesia dapat terus tumbuh melalui Startup yang mendukung ekosistem digital dalam mendukung percepatan ekonomi digital.

"Oleh karena ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus untuk mengembangkan potensi masyarakat melalui BEKUP 2021, untuk mendukung para startup Indonesia untuk berkembang," ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga juga menjelaskan, sejak 2016 BEKUP telah hadir di 20 kota di Indonesia dan telah menghasilkan lebih dari 750 pre-startup.

Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasi Pesantren Kilat Digital 2021

"Tahun ini, kami kembali membuka kesempatan wirausahawan bekerja sama dengan Coworking Indonesia, untuk ikut menjadi bagian dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia melalui BEKUP 2021," ucap Sandiaga Uno.

Melalui BEKUP 2021 ini, lanjut Sandiaga, diharapkan dapat memberikan solusi dan juga inovasi untuk menghadapi setiap tantangan dan mendukung ekosistem startup digital Indonesia dalam merealisasikan optimisme ekonomi nasional di 2021.

BEKUP sendiri merupakan program tahunan yang diinisiasi oleh Kemenparekraf sejak 2016 sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19 dan mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia.

Program BEKUP 2021 akan digelar di lima Kota yakni Jakarta, Malang, Manado, Pekanbaru, dan Yogyakarta dengan menggandeng Coworking Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan dengan "BEKUP Academy & Mentor Training Program".

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas