Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KKP Dorong Penggunaan Pakan Ikan Mandiri di Tingkat Budidaya

KKP menyiapkan program Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari) untuk mendukung peningkatan produksi

KKP Dorong Penggunaan Pakan Ikan Mandiri di Tingkat Budidaya
HANDOUT
Unit Produksi Pakan Ikan Mandiri (UPPIM) milik KKP di Pangandaran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong penggunaan pakan ikan mandiri di level pembudidaya untuk meningkatkan margin keuntungan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyebut bahwa produksi ikan menjadi komponen terpenting dalam kegiatan usaha budidaya ikan.

KKP menyiapkan program Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari) untuk mendukung peningkatan produksi serta keberlanjutan usaha budidaya di masyarakat.

“Melalui inisiasi program Gerpari sejak tahun 2015, KKP berupaya untuk menghadirkan pakan ikan berkualitas untuk pembudidaya dengan harga yang terjangkau untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi," jelas Slamet dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Menteri Trenggono Ajak Pembudidaya Milenial Kreatif Kembangkan Pakan Mandiri

"Bantuan pakan ikan mandiri yang diproduksi oleh 10 Unit Pelaksana Teknis lingkup Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya secara rutin disalurkan kepada pembudidaya yang tersebar di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Baca juga: Perluas Akses Pembiayaan Usaha, KKP Genjot Legalitas Kepemilikan Lahan Budidaya Ikan

Slamet juga menambahkan bahwa program Gerpari, selain bantuan berupa pakan ikan, pada tahun 2021 ini pihaknya juga menganggarkan untuk penyaluran bantuan berupa mesin pembuat pakan dan bahan baku pakan mandiri.

“Berbagai program bantuan ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif usaha di masyarakat hingga menyerap tenaga kerja produktif agar perekonomian dapat terus tumbuh,” ujar Slamet.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menekankan pentingnya inovasi menjalankan unit usaha pakan ikan mandiri agar mampu menghasilkan perputaran dana yang dapat dimanfaatkan.

Itu disampaikan saat berkunjung ke Unit Produksi Pakan Ikan Mandiri (UPPIM) milik KKP di Pangandaran.

“UPPIM Pangandaran menjadi unit produksi yang strategis dalam mendistribusikan bantuan pemerintah berupa pakan ikan mandiri. Unit ini memiliki kapasitas optimum untuk dapat memproduksi hingga 1 ton pakan ikan per jam," tutur Trenggono.

Menurutnya, UPPIM ini memproduksi pakan untuk komoditas budidaya air laut seperti ikan kakap putih, bawal bintang dan kobia serta pakan untuk komoditas budidaya air tawar seperti ikan nila dan lele.

Sebagai informasi sepanjang tahun 2020, UPPIM Pangandaran berhasil memproduksi sebanyak 258 ton pakan ikan mandiri yang terdiri dari pakan ikan apung maupun tenggelam senilai Rp1,8 miliar.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas