Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

PO Safari Dharma Raya Tetap Berangkatkan Armada Selama Periode Larangan Mudik 2021

Sejumlah PO bus AKAP telah mendapat stiker khusus dari Kementerian Perhubungan untuk dapat beroperasi dalam perjalanan khusus penumpang non-mudik.

PO Safari Dharma Raya Tetap Berangkatkan Armada Selama Periode Larangan Mudik 2021
IG Safari Dharma Sakti
Armada bus AKAP PO Safari Dharma Raya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu hari menjelang diberlakukannya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, beberapa perusahaan otobus (PO) antar kota antar provinsi (AKAP) sudah mempersiapkan diri tetap beroperasi selama periode tersebut.

Sejumlah PO bus AKAP telah mendapat stiker khusus dari Kementerian Perhubungan untuk dapat beroperasi dalam perjalanan khusus.

Perjalanan dimaksud menurut aturan Kemenhub hanya berlaku bagi penumpang non mudik alias yang memiliki tugas kedinasan, menjenguk orang sakit atau meninggal dunia, ibu hamil, persalinan dan orang dengan kepentingan tertentu non-mudik.

Salah satu bus AKAP yang telah mendapat stiker itu adalah Safari Dharma Raya. PO asal Magelang, ini siap melayani penumpang dengan syarat dan ketentuan khusus.

Baca juga: Selama Larangan Mudik, Dua Terminal di Jakarta Ini Layani Bus AKAP dengan Stiker Khusus

"Bagi kalian yang membutuhkan, kami siap melayani 6-17 Mei 2021," tulis caption foto armada bus Safari Dharma Raya yang dipasangi stiker khusus yang diunggah laman Instagram safaridharmasakti, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Kemenhub: Masih ada 3.000 Unit Bus yang Beroperasi Selama Larangan Mudik Lebaran 2021

Bus yang melayani rute Pulau Jawa, Bali, Lombok hingga Sumbawa ini akan beroparasi selama pelarangan mudik. Bagi masyarakat yang memiliki keperluan mendesak atau khusus, bisa menggunakan layanan Safari Dharma Raya dengan tetap melengkapi dokumen perjalanan dan hasil tes negatif Covid-19.

Baca juga: Bus AKAP Bisa Ajukan Stiker Khusus Via Online Agar Tetap Bisa Beroperasi Selama Larangan Mudik

Business Development Safari Dharma Sakti Marissa Leviani mengatakan bahwa armada bus yang telah dipasangi stiker ini berjumlah 14 unit.

"Ada 14 yang sudah dipasangi stiker," singkat jawaban Marissa saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (5/5/2021). 

Sebelumnya Ditjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menegaskan bahwa stiker khusus ini bukan kartu pass bagi pemudik agar lolos dari penyekatan. Stiker ini hanya bertujuan untuk memantau armada bus AKAP yang melintas selama pelarangan mudik Idul Fitri 2021.

"Kami tegaskan bahwa bus dengan stiker khusus ini bukam melayani pemudik, tapi masyarakat yang melakukan perjalanan selain mudik dan telah memenuhi syarat serta ketentuan sesuai peraturan dari Satgas dan Kementerian Perhubungan," ujar Budi dalam keterangan resminya.

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas