Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Sehari Jelang Larangan Mudik, ASDP Merak Operasikan 29 Kapal Roro

ASDP Merak mengoperasikan 29 kapal roll on-roll off atau ro-ro sepanjang Selasa untuk melayani pemudik Lebaran 2021.

Sehari Jelang Larangan Mudik, ASDP Merak Operasikan 29 Kapal Roro
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Sabtu (17/10/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak bersiap membatasi operasional kapal ferry menjelang larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Sehari menjelang penutupan, ASDP Merak mengoperasikan 29 kapal roll on-roll off atau ro-ro sepanjang Selasa untuk melayani pemudik Lebaran 2021.

Selasa (4/5/2021) malam kemarin, arus penyeberangan ke Bakauheni Lampung meningkat dan diperkirakan akan berlanjut di hari Rabu (5/5/2021).

"Semua kapal yang beroperasi itu dalam kondisi laik. Sebanyak 29 Kapal Roro disiagakan untuk mengangkut pemudik ke Sumatera," kata Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Heru Wahyono di Merak, Rabu (5/5/2021).

Heru menambahkan jika penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan normal. Meski terjadi antrian dan penumpukan pemudik, jumlah itu masih sedikit dibandingkan dengan dua tahun lalu.

Baca juga: Sepekan Jelang Ditutup, Penyeberangan Merak Diperketat

"Antrean penumpang dan kendaraan memang padat semalam. Karena sebelum menyebrang wajib melakukan Tes Genose dan menunjukkan surat Rapid Antigen atau PCR, tapi semuanya terkendali dan lancar," jelas Heru.

Baca juga: Selama Larangan Mudik, Dua Terminal di Jakarta Ini Layani Bus AKAP dengan Stiker Khusus

Diprediksikan kepadatan penumpang akan terjadi lagi malam hingga dini hari hari nanti. Hal itu disebabkan pada tanggal 5 Mei adalah hari terakhir Pelabuhan Merak beroperasi penuh hingga pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Jelang Pelarangan Mudik, Pemudik Makin Berani Bayar Mahal Travel, Pemalang-Lampung Ditawar Rp 3 Juta

ASDP Merak mengoperasikan kapal ro-ro sebanyak 29 armada dengan 52 trip dan semua pemudik bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kami menyiapkan 52 Trip untuk operasional terakhir hari ini. Diharapkan semua penumpang menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan guna mengendalikan pandemi itu," katanya.

Selanjutnya, saat masa larangan mudik, Pelabuhan Merak hanya melayani perjalanan untuk kebutuhan distribusi logistik dan perjalanan khusus non mudik seperti yang tertera dalam SE Kemenhub No 13 Tahun 2021. 

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas