Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Stafsus: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia akan Masuk Zona Positif

Stafsus Presiden mengatakan, tren pemulihan ekonomi menuju ke arah yang positif meski pada kuartal pertama 2021 mengalami kontraksi 0,74 persen.

Stafsus: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia akan Masuk Zona Positif
Tangkap Layar YouTube KompasTV
Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta mengatakan bahwa arah perekonomian Indonesia di masa Pandemi terus membaik. 

Menurutnya, tren pemulihan ekonomi menuju ke arah yang positif meski pada kuartal pertama 2021 mengalami kontraksi 0,74 persen.

Hal itu menurut dia bisa dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi pada 2020. Kuartal II 2020 berada di angka -5,32 persen, Kuartal III 2020 -3,49 persen,  Kuartal IV 2020 -2,19 persen (yoy).

"Selanjutnya diproyeksikan pertumbuhan di kuartal II, III dan IV tahun ini bakal berada di zona positif. Alhasil, ekonomi Indonesia tahun 2021, secara akumulasi, akan tumbuh positif dibandingkan tahun 2020 lalu," kata dia, Rabu, (5/5/2021).

Ekonomi Indonesia di kuartal I 2021 minus 0, 74 persen berdasarkan rilis BPS pada Rabu pagi tadi. Angka tersebut karena setahun lalu kondisi perekonomian belum terkena dampak pandemi, mengingat kasus pertama Covid-19 di Indonesia baru terjadi pada 2 Maret 2020.

Baca juga: Resesi Berlanjut, Ekonomi RI Kuartal I 2021 Minus 0,74 Persen

"Bahkan sempat terjadi penguatan aktivitas ekonomi pada akhir Maret 2020 akibat adanya “panic buying” atas beberapa jenis barang tertentu, terutama produk kesehatan dan kebutuhan pokok," katanya.

Baca juga: Kepala BKF: Kinerja Ekonomi Triwulan I 2021 Jadi Indikasi Tren Pemulihan

Meski kemudian terdampak pandemi, perekonomian Indonesia menurut dia bisa bertahan dari tekanan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya selisih tipis - 0,74 persen secara tahunan di banding masa sebelum pandemi.

“Menunjukan perekonomian kita sanggup bertahan. Kita akan segera masuk ke zona positif," tuturnya.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi RI yang dilihat dari produk domestik bruto (PDB) terkontraksi minus 0,74 persen di kuartal I 2021 (year on year/yoy).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas